Pemkot Tomohon Bahas Pengasuhan Alternatif bagi Anak – Anak yang Orang Tuanya Positif Covid-19

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Pemerintah Kota Tomohon akan memberikan perhatian khusus kepada satu keluarga yang ada di Kecamatan Tomohon Tengah yang orang tua dari anak-anak berusia 5, 6, dan 7 tahun terdampak positif Corona dan anak-anak negatif.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar di Comand Centre MPP Wale Kabasaran, Jumat (12/6), yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang mewakili Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA.

Rakor yang diikuti Staf Ahli Wali kota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan dr. Olga Karinda, Kadis P3AD dr John Lumopa, Kadis Sosial Vonnie F Montolalu S.Pd, Kadis Kesehatan dr. Deesje V Liuw M.Biomed, Kadis Pendidikan Dr. J.D Karwur, M.Kes, M.Si serta Camat Tomohon Tengah Edvin M. J Joseph, S.STP, MSi ini membahas secara umum tentang langkah dan tindakan yang akan dilakukan ketika terjadi hal-hal seperti kasus di Tomohon Tengah, dalam hal pemberian perhatian khusus dalam rangka perlindungan anak.

Rapat ini dilaksanakan untuk membicarakan tentang Pengasuhan Alternatif bagi anak-anak yang orang tua mereka terdampak Covid-19.

Baca Juga:  Iswan : Saya Akan Tindaki Bawahan Yang Meminta Uang

Permasalahan-permasalahan yang dapat timbul yakni anak-anak dalam kondisi tertekan sehingga butuh perhatian dan sentuhan kasih baik dalam bidang pendidikan dan kerohanian, anak-anak memerlukan keamanan, pun membutuhkan konsumsi makanan dan minuman dan jaminan kesehatan.

Disepakati Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan akan menurunkan Linmas untuk menjaga keamanan 1×24 jam karena pernah terjadi kasus orang masuk untuk mencuri.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah nantinya akan menyediakan makanan, minuman dan juga membantu proses pendidikan untuk anak-anak tersebut.

“Jika membutuhkan makanan, minuman tinggal menghubungi Kepala Dinas Kadis Dikbud,” kata Sekdakot.

Sedangkan Dinas Sosial akan memberikan bantuan makanan dan minuman lewat dari kelurahan.

“Nantinya Pemerintah Kota Tomohon akan terus memberikan perhatian pada kejadian ini kata ” Lolowang.

Yunita Rotikan