Bertambah Dua, Total Pasien Positif di Kota Tomohon 40 Orang

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON SELASA, 16 JUNI 2020

TOMOHON – SALAM SEHAT SELALU. BEBERAPA INFORMASI GUGUS TUGAS UNTUK HARI INI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1. JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 2 ORANG SEHINGGA TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TERCATAT SUDAH MENCAPAI ANGKA 40 ORANG.

OLEH KARENA ITU GUGUS TUGAS TERUS MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TETAP MEWASPADAI TRANSMISI LOKAL YANG MASIH TETAP BERJALAN DI KOTA TOMOHON, TETAP MEMATUHI POIN- POIN PADA MAKLUMAT KAPOLRI DAN MAKLUMAT WALI KOTA TOMOHON, SERTA TETAP DISIPLIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN ANTARA LAIN TETAP MENJAGA JARAK FISIK DENGAN ORANG LAIN, TETAP MEMAKAI MASKER JIKA BERADA DI LUAR RUMAH, DAN RAJIN MENCUCI TANGAN DENGAN SABUN DI AIR MENGALIR. HINDARI MENYENTUH BAGIAN WAJAH TERUTAMA MATA, HIDUNG, DAN MULUT SEBELUM MENCUCI TANGAN.

KITA JUGA DAPAT SALING MENGINGATKAN HAL INI JIKA DITEMUI ADA SAUDARA, KERABAT, TETANGGA, KENALAN, ATAU ORANG LAIN YANG TIDAK MEMATUHI HIMBAUAN PEMERINTAH SERTA TIDAK MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT, DEMI KEBAIKAN KITA SEMUA.

2. GUGUS TUGAS AKAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN TERHADAP RUMAH TEMPAT TINGGAL DAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DARI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG BARU, BERKOORDINASI DENGAN PEMERINTAH SETEMPAT.

3. SEKALIPUN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 BERTAMBAH JUMLAHNYA, NAMUN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH JUGA TERUS BERTAMBAH, DIMANA HARI INI ADA 2 ORANG PASIEN YANG DINYATAKAN SEMBUH DAN TELAH KELUAR RUMAH SAKIT. DENGAN DEMIKIAN DI KOTA TOMOHON SUDAH 19 ORANG PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SEMBUH. INI ADALAH KABAR BAIK YANG PATUT KITA SYUKURI BERSAMA, DAN OLEH KARENA ITU KEMBALI SELURUH MASYARAKAT DIEDUKASI BAHWA COVID- 19 BISA SEMBUH. MARI KITA TETAP OPTIMIS, TETAP SEMANGAT, BERJUANG BERSAMA, SAMBIL TETAP PATUH DAN TAAT PADA HIMBAUAN PEMERINTAH DAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT.

4. MARI BERSAMA-SAMA KITA LAWAN DAN PUTUSKAN MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA TOMOHON DENGAN CARA : • SELALU BERDOA DAN MENDEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN; • MENJAGA JARAK FISIK DENGAN ORANG LAIN MINIMAL 2 METER; • SELALU GUNAKAN MASKER JIKA HARUS KELUAR RUMAH; • RAJIN CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI AIR MENGALIR; • JANGAN MENYENTUH BAGIAN WAJAH TERUTAMA MATA, HIDUNG, DAN MULUT SEBELUM MENCUCI TANGAN; • TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DENGAN MAKAN MAKANAN BERGIZI DAN RAJIN BEROLAHRAGA; • TERAPKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS).

Baca Juga:  Wabup Talaud Tinjau Kegiatan Pencegahan Covid-19

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1471 ORANG (SEBELUMNYA 1468 ORANG / BERTAMBAH 3 ORANG)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 42 ORANG (SEBELUMNYA 42 ORANG / TETAP)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN III.A) BERKURANG 1 ORANG, YAITU : PASIEN LAKI-LAKI (32 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON. PASIEN TELAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 SESUAI INFORMASI GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA PADA KEMARIN HARI, SENIN TANGGAL 15 JUNI 2020 (PINDAH KE POIN V.A).

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) SAMPAI HARI INI TERCATAT 22 ORANG (SEBELUMNYA 23 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT:

III.A PDP SEMENTARA DIRAWAT : 15 ORANG (SEBELUMNYA 16 ORANG / BERKURANG 1 ORANG) SEBARAN : 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO, 1 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 12 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON.

III.B MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 5 ORANG (SEBELUMNYA 5 ORANG / TETAP) SEBARAN : 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

III.C KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 2 ORANG (SEBELUMNYA 2 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

Baca Juga:  ASN Bolmong Harus Siapkan Ini Jika TL

IV. BUKAN PDP JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU TERCATAT 53 ORANG, DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT:

IV.A PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19 KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF : 20 ORANG (SEBELUMNYA 20 ORANG / TETAP) SEBARAN : 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV.B PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) : 25 ORANG (SEBELUMNYA 25 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 7 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 12 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

IV.C TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP : 8 ORANG (SEBELUMNYA 8 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

V. TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 GUGUS TUGAS COVID-19 PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TELAH MENGINFORMASIKAN PADA KEMARIN HARI, SENIN TANGGAL 15 JUNI 2020, BAHWA PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH 2 ORANG PASIEN BARU, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (32 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG SEBELUMNYA BERSTATUS PDP. SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI RSUD ANUGERAH TOMOHON (DARI POIN III.A PINDAH KE POIN V.A). (2) PASIEN PEREMPUAN (38 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON BARAT, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SUDAH PERNAH DIRILIS SEBELUMNYA. SAAT INI PASIEN SEMENTARA DIRAWAT DI RUANG ISOLASI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON (MASUK POIN V.A PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG SEMENTARA DIRAWAT (POIN  V.A) BERKURANG 2 ORANG YANG SUDAH DINYATAKAN SEMBUH BERDASARKAN  HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (PINDAH KE POIN V, YAITU : (1) PASIEN PEREMPUAN (52 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH,  YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON.2) PASIEN LAKI-LAKI (55 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG  SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT SWASTA DI  TOMOHON. DENGAN

Baca Juga:  Kejadian unik terjadi saat ibadah digereja

DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19  DI KOTA TOMOHON SAMPAI HARI INI TERCATAT 40 ORANG (SEBELUMNYA  38 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :

V.A SEMENTARA DIRAWAT : 18 ORANG (SEBELUMNYA 18 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG NAMUN BERKURANG  2 ORANG) SEBARAN : 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 3 ORANG DARI KEC.  TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 12 ORANG DIRAWAT DI RSUD ANUGERAH TOMOHON, 4 ORANG DIRAWAT  DI DUA RUMAH SAKIT SWASTA DI TOMOHON, 2 ORANG DIRAWAT DI DUA RUMAH SAKIT DI MANADO.

V.B DINYATAKAN SEMBUH : 19 ORANG (SEBELUMNYA 17 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG) SEBARAN : 8 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 11 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

V.C MENINGGAL DUNIA : 3 ORANG (SEBELUMNYA 3 ORANG / TETAP) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC.  TOMOHON SELATAN.

VI. SELESAI PEMANTAUAN DAN DINYATAKAN SEHAT : 1406 ORANG (SEBELUMNYA 1406 ORANG / TETAP)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 1260 ORANG (SEBELUMNYA 1260 ORANG / TETAP)

VIII. RAPID TEST REAKTIF JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TIDAK ADA PERUBAHAN, TETAP SAMA DENGAN KEMARIN HARI YAITU TERCATAT 82 ORANG. SEBARAN : 16 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 9 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 20 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 32 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF, 20 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF, 12 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (3 ORANG SEMBUH, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 7 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 48 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST.

DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.