Polda Sulut Adakan Rapid Test gratis Bagi Masyarakat

MANADO,Manadonews.co.id-.Sambut hari Bhayangkara ke-74, Polda Sulut melalui bidang Dokkes Polda Sulut menggelar Rapid Test gratis bagi masyarakat, Jumat (26/6/2020).

Kegiatan ini diadakan secara drive thru di depan Rumah Sakit Bhayangkara tingkat III Manado, dan warga yang melewati kawasan tersebut langsung di arahkan untuk di periksa rapid tes.

Pelaksanaan Rapid Test drive thru ini dipantau langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr. Freddy Worang

Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-74, tim Dokkes Polda Sulut menyelenggarakan Bakti Sosial, salah satunya Rapid tes gratis bagi masyarakat.

“Warga yang mengikuti rapid tes di berikan vitamin dan masker sebagai bentuk kepedulian Polri di masa pandemi untuk meringankan beban masyarakat, karna polisi selain sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom juga harus menolong dan berdampingan masyarakat di segala lapisan,” ujar Kapolda.

Sementara menurut Kabid Dokkes, dalam waktu kurang dari 3 menit, hasil rapid tes sdah bisa diketahui hasilnya.

Baca Juga:  Lanudal Manado Masuk Kategori Pangkalan Udara Teladan

“Nanti hasil Rapid akan kita kirim melalu Delivery Message (DM) WA kpada yang bersangkutan,” ujar Kabid Dokkes.

Apabila hasil rapid menunjukkan reaktif katanya, maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab.

“Kita akan minta yang bersangkutan balik kembali dan apabila sudah jauh, maka kita akan kontak dengan Dinas Kesehatan terdekat atau Puskesmas setempat,” katanya.

Pada pelaksanaan kegiatan ini, Bidang Dokkes Polda Sulut menyiapkan sebanyak 250 alat Rapid Test, 2.500 butir vitamin dan masker sebanyak 250 buah.

“Semuanya kita berikan sebagai bentuk pengabdian dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74,”  ungkap Kabid Dokkes.

Dari 250 orang yang dilakukan Rapid Test, 14 orang diantaranya Reaktif, sehingga Tim Dokkes RS Bhayangkara melanjutkan dengan menghubungi Dinas Kesehatan setempat untuk dilakukan Swab Test.
(Ben)

Tags: