Mulai Besok, Cek Point di Seluruh Perbatasan di Mitra Dibubarkan

MITRA, ManadoNews.co.idMulai 1 Juli 2020 (besok), cek point yang ada di seluruh perbatasan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan dibubarkan sementara.

Hal tersebut dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH, Selasa (30/06/2020), melalui pesan WhatsApp.

Menurut bupati, dibubarkannya sementara cek point diseluruh perbatasan sambil melihat perkembangan penyebaran covid-19 kedepan, serta tindakan-tindakan yang akan diambil jika dirasa perlu.

“Disampaikan bahwa per hari ini Minahasa Tenggara tidak ada lagi covid-19, sudah 0. Oleh karena itu mulai tanggal 1 Juli 2020 semua cek point di perbatasan-perbatasan akan dibubarkan sementara,” jelas bupati.

Lanjut dikatakan bupati, untuk tempat karantina di RS Mitra Sehat yang sampai saat ini berjumlah 29 orang, pertanggal 1 Juli akan dikembalikan ke rumah masing-masing sambil melanjutkan karantina mandiri dirumah.

“Dan kedepan orang keluar masuk Mitra prosedurnya sama tapi akan diserahkan ke pemerintah kecamatan dan desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan bupati, untuk portal-portal di desa agar dipertahankan dan juga desa menunjuk masyarakat untuk melakukan penjagaan di desa masing-masing.

Baca Juga:  Jimmy Eman Hadiri Penutupan Sulut Expo 2019

“Oleh karena itu semua desa dan kelurahan di wajibkan melakukan pengawasan setiap keluar masuk orang. Demikian penyampaian ini,” kata bupati.

Diungkapkan bupati, rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang sudah terlibat langsung selama situasi pandemi covid-19 di Mitra.

“Dan saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Kapolres, l Dandim , Kejari, Masyarakat, Perangkat Pemerintah Desa Kelurahan , ASN yang terlibat langsung,” ucap bupati.

Ditambahkan bupati, meski mekanismenya sudah berbeda namun, kontrol keluar masuk orang tetap dijalankan.

“Pekerjaan kita belum selesai hanya saja mekanisme kontrol keluar masuk orang orang ditangni langsung oleh desa dan kelurahan. Pihak Pemda, Polri, TNI dan kejaksaan akan melakukan pengawasan dan pendampingan,” pungkasnya.

(gerimokobimbing)