Per Minggu 5 Juli, Kasus Positif Covid-19 di Tomohon Capai 79 Orang

PRESS RELEASE GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON

SALAM SEHAT SELALU,

MERUJUK PADA INFORMASI DARI GUGUS TUGAS COVID-19 PROVINSI SULAWESI UTARA, DILAPORKAN TERJADI PERTAMBAHAN KASUS PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON SEBANYAK 7 ORANG, SEHINGGA TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 KINI TERCATAT 79 ORANG.

PASIEN YANG DINYATAKAN SEMBUH (HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF) BERTAMBAH 1 ORANG, SEHINGGA JUMLAH PASIEN YANG SEMBUH KINI MENJADI 24 ORANG. PASIEN YANG MASIH DIRAWAT KINI BERJUMLAH 49 ORANG, SEDANGKAN YANG MENINGGAL DUNIA 6 ORANG.

GUGUS TUGAS AKAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN TERHADAP RUMAH TEMPAT TINGGAL DAN LINGKUNGAN SEKITAR RUMAH DARI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG BARU, MELALUI KOORDINASI DENGAN PEMERINTAH SETEMPAT. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) YANG MASIH DIRAWAT DILAPORKAN BERTAMBAH 2 ORANG PASIEN BARU NAMUN BERKURANG 1 ORANG PASIEN YANG HASIL SWAB TEST- NYA DUA KALI NEGATIF SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP DAN 1 ORANG PASIEN YANG TELAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19.

DEMIKIAN JUGA DENGAN PDP YANG TELAH MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST BERKURANG 2 ORANG KARENA TELAH DITERIMA HASIL SWAB TEST NEGATIF SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP, SEDANGKAN PDP YANG TELAH KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST TETAP BERJUMLAH 1 ORANG. SECARA KESELURUHAN, TOTAL JUMLAH PDP BERKURANG MENJADI 19 ORANG (SEBELUMNYA 21 ORANG).

PERTAMBAHAN KASUS TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 SAMPAI HARI INI MENJADI BUKTI BAHWA PENULARAN COVID-19 MASIH TERUS TERJADI. OLEH KARENA ITU SELURUH MASYARAKAT KOTA TOMOHON DIHIMBAU UNTUK TETAP WASPADA, TETAP MENTAATI HIMBAUAN PEMERINTAH, DAN TETAP DISIPLIN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA KETAT, MESKIPUN KITA TELAH MEMASUKI ERA NEW NORMAL ATAU HIDUP NORMAL YANG BARU. NEW NORMAL TIDAK BERARTI KITAKEMBALI KE KEHIDUPAN NORMAL SEPERTI SEBELUM ADANYA PANDEMI COVID-19, NAMUN KITA MENJALANI POLA HIDUP BARU YANG PENUH KEWASPADAAN DAN KEHATI- HATIAN, KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG PRODUKTIF DAN AMAN DARI COVID-19. KITA SEMUA TIDAK TAHU KAPAN PANDEMI INI AKAN BERAKHIR.

UNTUK ITU MARILAH KITA BERADAPTASI DENGAN KEHIDUPAN YANG BARU INI, SAMBIL TERUS BERDOA AGAR KITA SEMUA DIBERI KEKUATAN DAN KETABAHAN. JADIKAN PENGGUNAAN MASKER DAN HAND SANITIZER SEBAGAI GAYA HIDUP YANG BARU, SERTA TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH KITA DENGAN CARA MAKAN MAKANAN YANG BERGIZI, MENGKONSUMSI VITAMIN, ISTIRAHAT YANG CUKUP, SERTA BEROLAHRAGA SECARA TERATUR, SAMBIL TETAP MENJAGA JARAK KONTAK FISIK DAN MENGHINDARI KERUMUNAN ATAU BERKUMPULNYA ORANG DALAM JUMLAH BANYAK, BAIK DI DALAM RUMAH MAUPUN DI LUAR RUMAH.

Baca Juga:  Pengurus KKK Berau Resmi Dilantik

SELANJUTNYA, STATUS TERKINI PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KOTA TOMOHON ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

I. PELAKU PERJALANAN (PP) : 1538 ORANG (SEBELUMNYA 1534 ORANG / BERTAMBAH 4 ORANG)

II. ORANG DALAM PEMANTAUAN (ODP) : 29 ORANG (SEBELUMNYA 26 ORANG / BERTAMBAH 3 ORANG)

III. PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) PDP YANG SEMENTARA DIRAWAT BERTAMBAH 2 ORANG PASIEN BARU, YAITU : (1) PASIEN PEREMPUAN (47 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG MASUK RUMAH SAKIT PADA HARI JUMAT TANGGAL 3 JULI 2020 DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU. (2) PASIEN PEREMPUAN (67 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH, YANG MASUK RUMAH SAKIT PADA HARI SABTU TANGGAL 4 JULI 2020 DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON. HASIL SWAB TEST SEDANG DITUNGGU.YANG SEMENTARA DIRAWAT BERKURANG 2 ORANG PASIEN, YAITU : (1) PASIEN PEREMPUAN (62 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON. TELAH DITERIMA HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP. (2) PASIEN LAKI-LAKI (48 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI MANADO. PASIEN TELAH TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19. PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST BERKURANG 2 ORANG KARENA TELAH DITERIMA HASIL SWAB TEST NEGATIF SEHINGGA DIKATEGORIKAN BUKAN LAGI PDP, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (77 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON, DAN MENINGGAL DUNIA PADA HARI JUMAT TANGGAL 22 MEI 2020 SEKITAR PUKUL 08.55 WITA. (2) PASIEN PEREMPUAN (76 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON, DAN MENINGGAL DUNIA PADA HARI RABU TANGGAL 3 JUNI 2020 SEKITAR PUKUL 14.30 WITA. DENGAN DEMIKIAN, MAKA JUMLAH PASIEN DALAM PENGAWASAN (PDP) SAMPAI HARI INI TERCATAT 19 ORANG (SEBELUMNYA 21 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT : III.A PDP SEMENTARA DIRAWAT : 15 ORANG (SEBELUMNYA 15 ORANG / BERTAMBAH 2 ORANG NAMUN BERKURANG 2 ORANG) SEBARAN : 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 4 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.II.B PDP MENINGGAL DUNIA MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 3 ORANG (SEBELUMNYA 5 ORANG / BERKURANG 2 ORANG) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. III.C PDP KELUAR RUMAH SAKIT MENUNGGU HASIL SWAB TEST : 1 ORANG (SEBELUMNYA 1 ORANG / TETAP) DARI KEC. TOMOHON TENGAH.

Baca Juga:  Mentari Raup Omset Ratusan Ribu Perhari Lewat Bisnis Kuliner Banugget Chocho Cheese

IV. BUKAN PDP PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19 KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF BERTAMBAH 2 ORANG, YAITU : (1) PASIEN LAKI-LAKI (77 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON, DAN MENINGGAL DUNIA PADA HARI JUMAT TANGGAL 22 MEI 2020 SEKITAR PUKUL 08.55 WITA. (2) PASIEN PEREMPUAN (76 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON, DAN MENINGGAL DUNIA PADA HARI RABU TANGGAL 3 JUNI 2020 SEKITAR PUKUL 14.30 WITA. PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) BERTAMBAH 1 ORANG, YAITU : PASIEN PEREMPUAN (62 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON UTARA, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON DENGAN STATUS PDP. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN BUKAN PDP SAMPAI HARI INI TERCATAT SEBANYAK 69 ORANG (SEBELUMNYA 66 ORANG), YANG TERDIRI DARI PASIEN SEMULA PDP NAMUN MENINGGAL DUNIA BUKAN COVID-19 KARENA KEMUDIAN HASIL SWAB TEST NEGATIF SEBANYAK 24 ORANG, PASIEN KELUAR RUMAH SAKIT DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF (BUKAN COVID-19) SEBANYAK 38 ORANG, DAN YANG TIDAK TERMASUK KRITERIA PDP TETAP SEBANYAK 7 ORANG.

V. TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON BERTAMBAH LAGI 7 ORANG, YAITU : (1) PASIEN PEREMPUAN (50 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (2) PASIEN PEREMPUAN (19 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TENGAH (BER-KTP KEC. TOMOHON UTARA), KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (3) PASIEN LAKI-LAKI (46 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TIMUR, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (4) PASIEN LAKI-LAKI (46 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON TIMUR, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (5) PASIEN PEREMPUAN (30 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (6) PASIEN LAKI-LAKI (2 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, KONTAK ERAT DENGAN PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG TELAH DIRILIS SEBELUMNYA. (7) PASIEN LAKI-LAKI (48 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON SELATAN, YANG SEBELUMNYA BERSTATUS PDP DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI MANADO. PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 YANG DINYATAKAN SEMBUH (HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF) BERTAMBAH 1 ORANG, YAITU : PASIEN PEREMPUAN (38 TAHUN) DARI KEC. TOMOHON BARAT, YANG SEBELUMNYA DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH SAKIT DI TOMOHON.

Baca Juga:  Dirut RSUP Kandou Sebut Bantuan APD Sangat Membantu Tenaga Medis

DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KOTA TOMOHON SAMPAI HARI INI SUDAH TERCATAT 79 ORANG (SEBELUMNYA 72 ORANG), DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :V.A SEMENTARA DIRAWAT : 49 ORANG (SEBELUMNYA 42 ORANG / BERTAMBAH 7 ORANG) SEBARAN : 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 5 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 6 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 27 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. V.B SEMBUH (HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF) : 24 ORANG (SEBELUMNYA 23 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 10 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 12 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. V.C MENINGGAL DUNIA : 6 ORANG (SEBELUMNYA 6 ORANG / TETAP) SEBARAN : 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 3 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 2 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.

VI. SELESAI PEMANTAUAN DAN DINYATAKAN SEHAT : 1467 ORANG (SEBELUMNYA 1466 ORANG / BERTAMBAH 1 ORANG)

VII. TRACKING SUDAH DILAKUKAN TERHADAP 2078 ORANG (SEBELUMNYA 1859 ORANG / BERTAMBAH 219 ORANG)

VIII. RAPID TEST REAKTIF HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF BERTAMBAH 2 ORANG, YAITU 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 1 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN. DENGAN DEMIKIAN, TOTAL JUMLAH HASIL PEMERIKSAAN RAPID TEST REAKTIF SAMPAI HARI INI TERCATAT 122 ORANG (SEBELUMNYA 120 ORANG). SEBARAN : 28 ORANG DARI KEC. TOMOHON UTARA, 11 ORANG DARI KEC. TOMOHON TIMUR, 29 ORANG DARI KEC. TOMOHON TENGAH, 13 ORANG DARI KEC. TOMOHON BARAT, 41 ORANG DARI KEC. TOMOHON SELATAN.DARI KE-122 ORANG INI, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA DENGAN HASIL SWAB TEST NEGATIF, 28 ORANG DENGAN HASIL SWAB TEST DUA KALI NEGATIF, 18 ORANG TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 (5 ORANG SEMBUH, 2 ORANG MENINGGAL DUNIA, 11 ORANG SEMENTARA DIRAWAT), DAN 74 ORANG MENUNGGU HASIL SWAB TEST. DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.*** GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON

DEMIKIAN SIARAN PERS GUGUS TUGAS HARI INI. TERIMA KASIH, SALAM SEHAT SELALU.

*** GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHONG

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
2957 votes

This will close in 10 seconds