Example floating
Example floating
Hukum & KriminalSulawesi Utara

Ditresnarkoba Polda Sulut Ringkus Empat Pengedar Sabu Jaringan Tompaso Baru

×

Ditresnarkoba Polda Sulut Ringkus Empat Pengedar Sabu Jaringan Tompaso Baru

Sebarkan artikel ini

MANADO,Manadonews.co.id-.Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulut dipimpin AKP Hilman Muthalib, SH bekerja sama dengan personil Polres Boltim melakukan penangkapan tehadap empat lelaki yang kedapatan membawa narkotika jenis sabu.

Para tersangka ini terjaring petugas saat sedang melakukan pengecekan kendaraan dan penumpang di jalan Desa Moyongkota Baru Jaga 1, tepatnya di lokasi Posko Pengecehan Covid-19, Kamis (2/7/2020) sekitar pukul 01.45 Wita.

MANTOS MANTOS

Proses penangkapan tersebut di terungkap pada press conference yang digelar di lobi depan gedung Ditresnarkoba Polda Sulut, Rabu (8/7/2020) siang, dipimpin Direktur Resnarkoba Polda Sulut Kombes Pol Eko Wagiyanto.

Menurut Direktur Resnarkoba, keempat tersangka ini kedapatan membawa narkotika jenis sabu dalam sebuah kendaraan roda empat Daihatsu Sirion berwarna merah, nomor polisi DM 1317 BG.

“Dari keterangan para tersangka, mereka baru sampai dari Kota Palu Sulawesi Tengah dan hendak menuju Tompaso Baru. Kemudian anggota melakukan penggeledahan badan, barang bawaan dan kendaraan, yang disaksikan langsung keempatnya,” terang Direktur, didampingi Kasubbid PID Bidang Humas Polda Sulut AKBP Lody Tatontos.

Saat digeledeh, Petugas menemukan bungkusan plastik berwarna hitam yang terletak diantara rem tangan. Setelah dibuka terdapat narkotika jenis sabu yang dibungkus dengan almunium foil dan ada beberapa plastik bening.

“Petugas langsung membawa keempat lelaki yang berinisial NK, YM, JC dan VM ke Polsek Modayag dan selanjutnya dibawa ke Kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulut, untuk dilakukan pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut,” ujar Direktur.

Mereka ini katanya merupakan jaringan baru, yaitu jaringan Tompaso Baru, yang mencoba menyambung dengan jaringan yang ada di Palu.

“Mereka belanja di Palu dan mau diedarkan di Manado, mereka belanja kurang lebih setengah bal atau 25 gram sabu. Berat bersihnya saat diamankan sekitar 22,88 gram, karena mereka sempat pakai dalam perjalanan,” tambah Direktur.

Dari keempat tersangka, barang bukti yang diamankan yakni 1 buah plastik klip bening berisi sabu, 1 bungkus rokok, 188 plastik klip bening kecil, uang tunai Rp. 218 ribu, 1 buah STNK, 2 buah KTP, 2 buah SIM C dan beberapa Hp.

“Pasal yang dilanggar yaitu Pasal 114 ayat (2) Sub pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman penjara 5 hingga 20 tahun,” pungkas Direktur.
(Ben)

Example 120x600