Cegah Penggunaan dan Peredaran Narkoba, Sinteldam XIII/Merdeka Gelar Sosialisasi P4GN Dan Test Urine 100 Prajurit

MANADO,MANADONEWS.co.id- Guna menjamin personelnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba, Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka melalui staf Intelijen Kodam XIII/Merdeka kerjasama dengan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) XIII/Merdeka, Selasa (7/7/2020) melaksanakan kegiatan Penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan sekaligus pemeriksaan Urine di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang melalui Asisten Intelijen (Asintel) Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Ignatius Wiwoho kepada Manadonews.co.id mengatakan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) merupakan program dari Komando Atas dan kita laksanakannya setiap triwulan dengan tujuan untuk membersihkan prajurit TNI AD beserta keluarganya dari bahaya Narkoba.

Menurut Ignatius, persoalan keterkaitan dengan Narkoba oleh prajurit TNI apapun alasannya itu merupakan satu pelanggaran berat khususnya Undang-undang nomor 35 tahun 2004 tentang TNI.

“Yang pasti mengacu pada Undang-undang komando atas telah menegaskan bagi prajurit TNI yang terlibat Narkoba akan diberikan sangsi tegas, yakni sangsi administrasi internal TNI yakni pemecatan serta proses hukum pidana yang berlaku.”ujarnya.

Baca Juga:  Masuk Kategori Gratifikasi, PNS Dilarang Terima Parsel Lebaran

Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan para prajurit TNI AD khususnya Kodam XIII/Merdeka beserta keluarganya bebas dari bahaya Narkoba dan ini juga sudah menjadi komitmen Pimpinan TNI AD menyatakan perang terhadap Narkoba.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen Kodam XIII/Merdeka untuk bersih dari Narkoba dan sebagai ajang evaluasi kedisiplinan prajurit terhadap perintah Komando atas.”tandas Ignatius.

Adapun kegiatan ini diikuti kurang lebih 100 personil yang terdiri dari satuan Yonif Raider 712/Wiratama, Denzipur 4/YKN, Kikav 10/Msc dan dilakukan pemeriksaan urine kepada 70 personel perwakilan tiap satuan.

Pada akhir pelaksanaan kegiatan, berdasarkan hasil pemeriksaan urine tersebut dinyatakan negatif, dan seluruh rangkaian kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(Regina.TS)