Sebut jadi Pembeda dalam Satu Dekade Terakhir, Ini Tantangan Taufik Tumbelaka kepada Jems Tuuk

Manado – Anggota DPRD yang duduk di lembaga legislatif bertugas sebagai penyambung lidah rakyat kepada eksekutif.

Namun, fakta di lapangan banyak anggota dewan tidak melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya.

Pengamat politik dari Tumbelaka Academic Centre (TAC), Taufik Manuel Tumbelaka, mengaku sudah lebih 1 dekade fokus ‘memantau’ Kantor DPRD Sulut, mulai sejak masih berkantor di bilangan Sario hingga di kantor sekarang di jalan raya Kairagi, Kota Manado.

“Dalam ‘pantauan’ saya selama ini ada beberapa wakil rakyat Sulut di DPRD Propinsi yang menarik,” jelas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Minggu (12/7/2020).

Taufik Tumbelaka menyebut salah-satu anggota DPRD Sulut yang sangat menonjol adalah Ir. Julius Jems Tuuk, wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Bolaang Mongondow Raya.

“Ketua Jems jadi sosok menonjol bukan hanya karena sikap kritis, tapi kekuatan argumentasinya, dan semua berbasis data,” ujar Taufik Tumbelaka.

Mantan aktivis mahasiswa UGM ini, melihat hal tersebut sesuatu sangat jarang dilakukan anggota DPRD Sulut selama satu dekade terakhir.

Baca Juga:  Hanura Tidak Nyaman, Joseph Dengah Pindah Ke Partai Golkar

“Ketua Jems juga relatif berhasil memegang prinsip konsistensi dalam bersikap dan ini salah satu variabel yang berhasil menarik perhatian banyak pihak termasuk para jurnalis, sehingga didaulat menjadi wakil rakyat terbaik. Beliau jadi pembeda dalam satu dekade terakhir,” tukas Tumbelaka.

Ke depan, Taufik Tumbelaka menantang Jems Tuuk membawa talenta dan potensi diri ke level lebih tinggi di gedung Senayan yakni DPR-RI, Jakarta.

“Saya tunggu kiprah seorang Jems Tuuk di Senayan, Jakarta. Tepatnya, saya tantang dia untuk melangkah ke Senayan,” pungkas putra mantan Gubernur Suluttenggo dan Gubernur pertama Sulawesi Utara, FJ Tumbelaka.

Diketahui, Ir. Julius Jems Tuuk adalah legislator Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil Bolmong Raya.

Jems Tuuk sudah periode kedua duduk di gedung cengkih.

Di periode pertama, putra Dumoga ini didaulat oleh wartawan pos DPRD Sulut sebagai anggota dewan terbaik periode 2014-2019 dan dianugerahi penghargaan Forward Award.

(YerryPalohoon)