Jelang Pilkada, KPU Bolsel Matangkan Persiapan

BOLSEL,Manadonews.co.id-.Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 pada 9 Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolsel terus menggelar tahapan Pilkada.

Terpantau, Sabtu (11/07/2020) KPU Bolsel melakukan bimbingan tekhnis (Bimtek) dalam rangka pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) kepada petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP), yang dilaksanakan di BPU Kecamatan Posigadan.

Kegiatan tersebut secara langsung dibuka oleh Ketua Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) Posigadan, Ruswan Lamanaw yang dihadiri langsung Kepala Divisi Data, Hirsan Mohamad dan Ketua Panwas Kecamatan Posigadan Arif Iskandar Mahcmud.

Pada kesempatan itu Ruswan menyebutkan, hal tersebut dilaksanakan dalam upaya mengedukasi serta memotivasi para petugas PPDP dalam melaksanakan tugas.

“Terselenggaranya Pemilu dengan baik itu tergantung PPDP sebagai ujung tombak pelaksanaan pesta demokrasi. Sehingga mereka perlu diberikan pemahaman lebih dalam melaksanakan tugasnya,” sebut Ruslan.

Dijelaskannya untuk Kecamatan Posigadan, ada sebanyak 29 PPDP yang tersebar di 16 desa, akan mulai melaksanakan pencatatan pada tanggal 15 Juli hinga 13 Agustus 2020.

“Selain itu mereka juga perlu memahami dan menjunjung integritas sebagai pelaksana PPDP,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Bagikan 2000 Paket Ramadan di Masjid Raya Ahmad Yani Manado

Sementara itu Ketua Devisi (Kadiv) Hirsan Mohamad yang juga bertindak sebagai pemateri Bimtek menjelaskan, peserta tidak hanya menjalankan pemutakhiran data pemilih. Melainkan juga harus menjaga netralitas sebagai bagian dari suksesi penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.

“Jika ada yang kurang dipahami maka jangan ragu untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak Kecamatan sampai tingkat RT/RW. Selain itu juga koordinasi dengan jajaran Bawaslu sangat penting dalam melaksanakan tugas, sehingga tingkat akurasi data akan lebih jelas,” imbaunya.

Disebutkannya, setiap PPDP direkrut secara selektif. Sehingga pihaknya mengharapkan pada saat melaksanakan tugas dan fungsi, dapat benar-benar memenuhi validasi data pemilih agar Pemilihan calon Bupati dan calon Wakil Bupati untuk Kabupaten Bolsel serta calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, nantinya tidak akan menemui masalah pada data pemilih.

“Siap di rumah-rumah warga calon pemilih, siap menerima prosedur, dan hasilnya harus dimonitor oleh PPS dan PPK diketahui oleh KPU,” tukasnya.

“Nanti mereka juga akan diberikan buku panduan kerja petugas Coklit, agar menjadi modal penting sebelum melakukan tugas,” lanjut Hirsan.

Baca Juga:  BKD Sulut Beri Teguran Oknum Guru SMA di Mitra yang Berambut Gondrong

Pun dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19, semua kegiatan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati tahun 2020 akan menyesuaikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Dalam penyelenggaraan coklit, PPDP akan menerapkan protokol kesehatan dengan dibekali masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer, serta prosedur kerja yang aman,” terangnya.
(Bobby)

Tags: