Bertambah Dua, Total Pasien Positif Covid-19 Kota Tomohon Berjumlah 143 Kasus

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 PEMERINTAH KOTA TOMOHON JUMAT, 17 JULI 2020

(update data sampai dengan Kamis, 16 Juli 2020 pukul 22.00 WITA)

Selanjutnya, berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon, maka kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon dilaporkan bertambah 2 kasus yaitu 1 kasus dari Kec. Tomohon Timur dan 1 kasus dari Kec. Tomohon Selatan.

Total jumlah kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 143 kasus (sebelumnya 141 kasus), dengan sebaran 26 kasus di Kec. Tomohon Utara, 24 kasus di Kec. Tomohon Timur, 22 kasus di Kec. Tomohon Tengah, 25 kasus di Kec. Tomohon Barat, dan 46 kasus di Kec. Tomohon Selatan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dilaporkan bertambah 4 orang pasien baru, dan berkurang 3 orang pasien (2 orang telah keluar RS dengan hasil Swab Test 2 Kali Negatif sehingga dikategorikan bukan lagi PDP dan 1 orang Terkonfirmasi Positif COVID-19).

Total jumlah PDP di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 20 orang (sebelumnya 19 orang), dengan sebaran 4 dari Kec. Tomohon Utara, 1 orang dari Kec. Tomohon Timur, 9 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 4 orang dari Kec. Tomohon Barat, dan 2 orang dari Kec. Tomohon Selatan.

Gugus Tugas meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak menyebarluaskan informasi, data, atau berita berkaitan dengan Penanganan dan Penyebaran COVID-19 di Kota Tomohon jika informasi, data, atau berita tersebut bukan informasi resmi yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon. Dan merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/MENKES/199/2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) tertanggal 12 Maret 2020 yang menyatakan bahwa data dan identitas pasien tidak disebarluaskan ke publik, maka Gugus Tugas juga meminta kerjasama yang baik dari semua pihak untuk tidak mempublikasikan data dan identitas pribadi pasien COVID- 19 kepada masyarakat luas.

Baca Juga:  Disaksikan Gubernur Olly, Eksel Runtukahu Cetak Gol Berkelas Saat Injury Time

Berdasarkan fakta bahwa penularan COVID-19 melalui transmisi lokal masih terus terjadi, maka Gugus Tugas terus menghimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk selalu waspada, tetap mentaati maklumat dan himbauan pemerintah, dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti menjaga jarak fisik dengan orang lain, selalu memakai masker dengan benar saat beraktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh bagian wajah terutama mata, hidung, dan mulut, serta menahan diri agar jangan dulu beraktifitas yang melibatkan banyak orang di satu lokasi baik di dalam maupun di luar ruangan termasuk di lokasi perkebunan.

Jadikan hal ini sebagai gaya hidup yang baru, sebagai kebiasaan yang baru, agar kita terhindar dari COVID-19.Kita belum dapat kembali ke kehidupan normal seperti sebelum adanya pandemi COVID-19 karena hingga saat ini vaksin belum ada.

Oleh karena itu kita harus beradaptasi dengan pola hidup baru yang penuh kewaspadaan dan kehati-hatian, kehidupan masyarakat yang produktif namun aman dari COVID-19. Kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Marilah kita beradaptasi dengan kebiasaan yang baru ini, sambil terus berdoa agar kita semua diberi kesehatan, kekuatan, dan ketabahan. Tingkatkan imunitas tubuh kita masing-masing dengan cara makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi vitamin seperlunya, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, berpikir positif, dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Data terkini penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Tomohon adalah sebagai berikut :

I. Pelaku Perjalanan (PP) : 1601 orang (sebelumnya 1581 orang / bertambah 20 orang)

II. Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 28 orang (sebelumnya 27 orang / bertambah 1 orang)

III. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 4 orang pasien baru, yaitu: 1 Perempuan 47 Tomohon Tengah Masuk RS tanggal 15 Juli 2020 di salah satu RS di Tomohon, hasil Swab Test sedang ditunggu, 2 Perempuan 53 Tomohon Barat Masuk RS tanggal 15 Juli 2020 di salah satu RS di Tomohon, hasil Swab Test sedang ditunggu, 3 Perempuan 83 Tomohon Tengah Masuk RS tanggal 15 Juli 2020 di salah satu RS di Tomohon, hasil Swab Test sedang ditunggu, 4 Laki-laki 81 Tomohon Utara Masuk RS tanggal 15 Juli 2020 di salah satu RS di Tomohon, keluar RS tanggal 16 Juli 2020, hasil Swab Test sedang ditunggu

Baca Juga:  Bersama Pansus, Kabag Hukum Setdakot Bahas Kearsipan Kota Tomohon

PDP sementara dirawat berkurang 4 orang pasien, yaitu 1 Perempuan 59 Tomohon Tengah Keluar RS tanggal 16 Juli 2020, hasil Swab Test sedang ditunggu, 2 Laki-laki 42 Tomohon Selatan Keluar RS, hasil Swab Test 2 Kali Negatif, dikategorikan bukan lagi Pasien PDP, 3 Laki-laki 42 Tomohon Barat Keluar RS, hasil Swab Test 2 Kali Negatif, dikategorikan bukan lagi Pasien PDP, 4 Perempuan 20 Tomohon Timur Terkonfirmasi Positif COVID-19.

Total jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kini tercatat sebanyak 20 orang (sebelumnya 19 orang), dengan rincian sebagai berikut : III.a PDP Sementara Dirawat : 11 Orang (sebelumnya 12 orang / bertambah 3 orang namun berkurang 4 orang) Sebaran : 2 orang dari Kec. Tomohon Utara, 1 orang dari Kec. Tomohon Timur, 5 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 3 orang dari Kec. Tomohon Barat. III.b PDP Meninggal Dunia Menunggu Hasil Swab Test : 7 orang (sebelumnya 7 orang / tetap) Sebaran : 1 orang dari Kec. Tomohon Utara, 3 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari Kec. Tomohon Barat, 2 orang dari Kec. Tomohon Selatan. III.c PDP Keluar RS Menunggu Hasil Swab Test : 2 orang (sebelumnya tidak ada) Sebaran : 1 orang dari Kec. Tomohon Utara, 1 orang dari Kec. Tomohon Tengah.

IV. Bukan Pasien PDP Pasien keluar RS dengan hasil Swab Test 2 Kali Negatif (bukan COVID-19) bertambah 2 orang, yaitu 1 Laki-laki 42 Tomohon Selatan Sebelumnya berstatus PDP di salah satu RS di Tomohon, 2 Laki-laki 42 Tomohon Barat Sebelumnya berstatus PDP di salah satu RS di Manado.

Dengan demikian, total jumlah Bukan Pasien PDP sampai saat ini tercatat sebanyak 80 orang (sebelumnya 78 orang), terdiri dari pasien semula PDP namun meninggal dunia bukan COVID-19 karena kemudian hasil Swab Test negatif tetap tercatat 24 orang, pasien keluar RS dengan hasil Swab Test 2 Kali Negatif (bukan COVID-19) menjadi 49 orang, dan yang tidak termasuk kriteria PDP tetap tercatat 7 orang.

Baca Juga:  Sosok Gubernur Olly Mirip Presiden Joko Widodo Disenangi Rakyat Ajak Selfie

V. Terkonfirmasi Positif COVID-19. Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon, maka kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon dilaporkan bertambah 2 kasus, yaitu 1 Perempuan 20 Tomohon Timur Sebelumnya berstatus PDP di salah satu RS di Tomohon, 2 Perempuan 50 Tomohon Selatan KERT.

Total jumlah Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Tomohon kini tercatat sebanyak 143 orang (sebelumnya 141 orang), dengan rincian sebagai berikut : V.a Sementara Dirawat : 99 orang (sebelumnya 97 orang / bertambah 2 orang) Sebaran : 22 orang dari Kec. Tomohon Utara, 23 orang dari Kec. Tomohon Timur, 5 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 22 orang dari Kec. Tomohon Barat, 27 orang dari Kec. Tomohon Selatan. V.b Sembuh (Hasil Swab Test 2 Kali Negatif) : 36 orang (sebelumnya 36 orang / tetap) Sebaran : 3 orang dari Kec. Tomohon Utara, 1 orang dari Kec. Tomohon Timur, 14 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 2 orang dari Kec. Tomohon Barat, 16 orang dari Kec. Tomohon Selatan. V.c Meninggal Dunia : 8 orang (sebelumnya 8 orang / tetap) Sebaran : 1 orang dari Kec. Tomohon Utara, 3 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 1 orang dari Kec. Tomohon Barat, 3 orang dari Kec. Tomohon Selatan.

VI. Selesai Pemantauan dan Dinyatakan Sehat : 1489 orang (sebelumnya 1488 orang / bertambah 1 orang)

VII. Rapid Test Reaktif Hasil pemeriksaan Rapid Test Reaktif tidak ada perubahan, tetap sama dengan kemarin hari yaitu tercatat 149 orang. Sebaran : 33 orang dari Kec. Tomohon Utara, 26 orang dari Kec. Tomohon Timur, 32 orang dari Kec. Tomohon Tengah, 17 orang dari Kec. Tomohon Barat, 41 orang dari Kec. Tomohon Selatan.

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
444 votes

This will close in 10 seconds