Mendagri Ajak Pemerintah dan Masyarakat Sulut Jadikan Pilkada Serentak 2020 “Gerakan Bersama Melawan COVID-19”

MANADO, manadonews.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpi Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pilkada serentak tahun 2020 yang dirangkaikan dengan pengarahan kepada Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Sulut, Kamis(16/7/2020) di ruang Mapallus Kantor Gubernur Sulut.

Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sulut diantaranya Kajati Sulut, Kapolda Sulut, Danlantamal VIII dan Kasdam XIII/Merdeka,Ketua DPRD Provinsi Sulut, ketua KPUD Sulut, Ketua Bawaslu Sulut dan pimpinan lembaga Wali Kota Manado, Wali Kota Bitung, Wali Kota Kotamobagu, Bupati Bolsel, Bupati Talaud, Bupati Minsel, Wakil Bupati Mitra serta Bupati Bolmong.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam laporannya antara lain menegaskan bahwa saat ini di Provinsi Sulut pada Pilkada serentak Desember 2020 mendatang ada Pilgub, 3 Pilwako dan 4 Pilbup.

“Pada intinya seluruh Kabupaten Kota se-Sulut dan Pemprov Sulut siap melaksanakan tahapan dan mensukseskan Pilkada serentak bulan Desember 2020 mendatang.”kata Olly.

Sementara itu kata Olly soal upaya dan program pencegahan dan penangganan Covid-19 di Sulut telah berjalan sesuai dengan kebutuhan dan anjuran pemerintah Pusat.

Baca Juga:  Ricky Nelson Optimis Sulut United Bertahan di Liga 2

“Pada prinsipnya baik persiapan Pilkada serentak 2020 mendatang dan penangganan Covid-19 terlaksana dengan baik berkat dukungan dan kerjasama unsur Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat.”tegas Olly sambil mengapresiasi kunjungan kerja di Sulut.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian dalam pengarahan berkaitan dengan kesiapan Pilkada serentak Desember 2020 mendatang serta banyak hal soal kesiapan Indonesia dalam menyambut New Normal Live.

“Dengan berbagai kajian dan pertimbangan yang maksimal, maka pemerintah memutuskan pelaksanaan Pilkada serentak di Indonesia termasuk di Sulut.”kata Tito.

Tito menuturkan, secara nasional dia mengajak pemeritah daerah, pelaksana Pilkada, para kontestan dan masyarakat menjadikan pesta demokrasi lima tahunan ini menjadi momentum bersama melawan Corona.

“Saya mengajak kita jadikan Pilkada Desember 2020 ini sebagai gerakan bersama melawan Corona dengan tetap mengedepankan keselamatan bersama melalui penerapan tatanan hidup baru sesuai protokol kesehatan Covid-19.”tandas Tito.

Ketua KPUD Sulut Ardiles Mewoh dan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda dalam kesempatan pemaparan kepada Mendagri dan Gubernur Sulut keduanya secara garis besar melaporkan soal posisi dana hibah dari Pemerintah Daerah, telah melaksanakan Rapid Test kepada pelaksana dan petugas dilapangan dan intinya KPUD dan Bawaslu Sulut siap melaksanakan Pilkada Provinsi, 3 Pilwako dan 4 Pilbup.

Baca Juga:  Ipda Matahari : Saya Sudah Maafkan Pelaku, Tapi Proses Hukum Tetap Jalan

Usai Rakor Gubernur Sulut menyerahkan cinderamata kepada Mendagri, sebaliknya Mendagri menyerahkan buku dan bantuan masker kepada pemerintah daerah yang diterima oleh Gubernur dan para Bupati/Wali Kota yang hadir saat itu

Adapun pimpinan Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada semua Bupati/Wali Kotanya hadir, kecuali Kabupaten Minahasa Utara yang hanya dihadiri oleh Asisten II Allan Mingkid.(nando)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
58 votes

This will close in 10 seconds