Tak Serentak, Pengucapan Syukur Minahasa Digelar Mulai Akhir Juli Sampai Agustus

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Pengucapan Syukur Minahasa tahun ini tidak akan berlagsung serentak seperti tahun – tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan masih berlangsungnya Pandemi Covd-19.

Untuk jadwalnya, Bupati Minahasa Dr. Ir, Royke Oktavian Roring, M.Si, menerbitkan Surat Edaran Bupati tentang Bulan Pengucapan syukur Kabupaten Minahasa, nomor 639/BM-VII-2020, tanggal 17 Juli 2020.

Ditegaskan Bupati, tidak ada hari atau tanggal khusus dalam pelaksanaan pengucapan syukur di Kabupaten Minahasa di Tahun 2020 ini. Surat edaran ini dikeluarkan berdasarkan rapat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pemkab Minahasa pada Kamis 16 Juli 2020.

Dijelaskan pengucapan syukur dilaksanakan tidak serentak dan berlangsung pada akhir Bulan Juli dan sepanjang Bulan Agustus 2020 dirangkaikan dengan syukur HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan tetap memperhatikan zona risiko Covid-19 di masing-masing desa/kelurahan walaupun penetapan zona ini bisa berubah kapan saja sesuai perkembangan kasus di masing-masing wilayah.

Pengucapan Syukur tidak dalam bentuk pesta dan mengikuti anjuran protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Ibadahnya dilaksanakan di rumah ibadah dan rumah masing-masing, warga tidak diperkenankan menjamu tamu yang berkunjung termasuk warga yang dari luar Minahasa.

Baca Juga:  Tinjau Ambrolnya Ruas Jalan Pineleng Satu Timur - Lotta, Bupati Royke Langsung Perintahkan Dinas PU

Dihimbau juga agar tidak menyediakan konsumsi di rumah ibadah untuk tamu juga di rumah warga hanya untuk keluarga di dalam rumah itu saja termasuk tidak menyediakan dan mengkonsumsi minuman keras.

Kegiatan ibadah yang dilakukan di rumah ibadah diingatkan lagi untuk mengikuti protokol kesehatan termasuk tidak berjabat tangan.

Tim pemantau Covid-19 melakukan pengawasan terhadap kebijakan ini.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
524 votes

This will close in 10 seconds