Mantan Direktur Penyidik KPK Jabat Kapolda Sulut, Ini Profil Singkatnya

Profil Panca Putra Simanjuntak, Kapolda Sulut yang Baru

MANADO,MANADONEWS.co.id- Mabes Polri kembali melakukan mutasi terhadap sejumlah jabatan penting. Salah satunya posisi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut).

Berbadasarkan Surat Telegram: 2247 VIII KEP.2020 tanggal 3 Agustus 2020 Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa sesuai dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Sementara yang ditunjuk Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menduduki kursi Klabat 1 (sandi kapolda sulut), yaitu Irjen Pol Panca Putra, saat ini masih menjabat sebagai Widyaswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.
 
Adapun Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi baru saja mendapatkan job dua bintang ketika menjabat Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri, Mei 2020 lalu.

Sosok Panca Putra Simanjuntak sebelumnya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Juni 2019. Di lembaga anti rasuah itu, Panca Simanjuntak yang masih berpangkat brigjen menjabat posisi strategis.

Bahkan dua jabatan di KPK dipercayakan kepada Brigjen Panca Putra Simanjuntak.Yakni sebagai Direktur Penyidikan KPK dan Plt Deputi Penindakan KPK yang diembannya hingga April 2020.

Baca Juga:  SAS Hadiri Pertemuan Rutin FKUB

Akpol lulusan 1990 ini memiliki prestasi gemilang di KPK. Walau mengemban dua tugas, Panca Putra Simanjuntak yang dilahirkan Januari 1969 silam ini mampu menyelesaikan berbagai penanganan kasus-kasus besar.

Salah satu kasus korupsi di PT Garuda Indonesia yang menjerat Emirsyah Satar, selaku eks Direktur Utama Garuda yang kasusnya kini disidang di Tipikor Jakarta.

Simanjuntak juga tercatat berhasil menangani kasus Tubagus Chaeri Wardana dalam perkara tindak pidana pencucian uang.

Mantan Dirreskrimum Polda Kalteng ini juga adalah sosok yang berhasil menangkap buron KPK dalam kasus penyuapan panitera Pengadilan Negeri Jakpus Eddy Sundoro yang telah melarikan diri selama 2 tahun lebih.

Saat Panca Putra juga banyak melakukan giat OTT (Operasi Tangkap Tanyan) KPK pada tahun 2019 sebanyak 21 kasus.
Pada Mei 2020, Panca Putra Simanjuntak ditarik dari KPK sesuai surat telegram Kapolri bernomor ST/1383/V/KEP./2020 tertanggal 1 Mei 2020. Surat telegram itu ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Idham Azis.

Dia kemudian dipromosi dengan pangkat irjen. Itu tak lepas dari prestasinya di KPK. Dan kini, Putra Simanjuntak akan menjadi orang nomor satu di Mapolda Sulut, menggantikan Irjen Royke Lumowa.(*/nando)

Baca Juga:  Polri Serentak Gelar Operasi Patuh

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5415 votes

This will close in 10 seconds