Perayaan HUT ke- 75 Proklamasi di Kota Tomohon Tahun Ini, Kata Wali Kota Ikut Protokol Covid-19

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Pemkot Tomohon melaksanakan ibadah bersama bertempat di Ruang Press Conference Pemerintah Kota Tomohon, Gedung Mal Pelayanan Publik Wale Kabasaran Lantai 2, Selasa (4/8).

Ibadah pengantar tugas dipimpin oleh Khadim Pdt. Arthur Massie, MTh yang mengambil Pembacaan Firman Allah dalam Galatia 3 : 11-14.

Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak, CA dalam sambutan yang dibacakan oleh Staff Ahli Wali Kota Dra. Lily Solang, MM mengatakan bulan Agustus adalah bulan yang penuh sejarah dan kenangan.

“Namun masih dalam masa pandemi yang berdasarkan data dari gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tomohon, bahwa setiap hari terjadi penambahan kasus konfirmasi positif yang baru. Yang juga beriringan dengan tingkat kesembuhan pasien yang tinggi. Maka gugus tugas kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon agar tetap mematuhi maklumat dan himbauan pemerintah serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti menghindari kerumunan di lokasi pemukiman, perkebunan dan tempat lainnya, menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain, selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, terapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan dan minumen bergizi, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer serta rajin berdoa,” papar Wali Kota.

Baca Juga:  Mensos Sebut Gubernur Olly Pemimpin yang Benar-benar Berpihak Kepada Rakyat

Terkait perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang kali ini mengambil tema besar “Indonesia Maju,” kata Wali kota, tahun ini akan sangat berbeda.

“Karena Indonesia tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 yang juga melanda seluruh dunia,” tukasnya.

Dikatakan Wali Kota, upacara akan dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Selanjutnya panitia HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kota Tomohon, merencanakan kegiatan yang sesuai pedoman pelaksanaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, yaitu pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul di seluruh wilayah Kota Tomohon, mulai tanggal 01 sampai dengan 31 Agustus 2020, mendengarkan pidato Presiden dalam rangka Sidang tahunan MPR-RI, HUT Kemerdekaan RI dan Pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN 2021 pada tanggal 14 Agustus 2020, mulai pukul 08.30 wib, bertempat di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon.

“Masyarakat dapat mengikuti siaran langsung Pidato Presiden RI, melalui berbagai kanal media massa (tv, radio, media sosial).

Upacara bendera dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, tingkat Kota Tomohon, pada tanggal 17 Agustus mulai pukul 08.00 wita, bertempat di lapangan upacara kantor Walikota Tomohon.

Baca Juga:  Bupati Depri Minta Pemberdayaan Perempuan Terus Dioptimalkan

“Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pada tanggal 17 Agustus 2020, mulai pukul 10.00 WIB, tempat ruang rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon, bergabung secara live streaming dengan istana negara.

Pada tanggal 17 agustus 2020, mulai pukul 10.17 s.d 10.20 (selama 3 menit), segenap masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk Kota Tomohon, menghentikan aktifitas sejenak pada saat pengumandangan lagu Indonesia Raya,

“Kecuali bagi masyarakat dengan aktifitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan,” ujarnya.

“Dalam era kehidupan normal baru saya mengajak kepada seluruh aparatur sipil negara dan tenaga kontrak agar secara bersama-sama mendukung dan mensukseskan program dan kegiatan yang sementara dan akan dilaksanakan, yakni proses pembangunan dan sosial kemasyarakatan dengan mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19. Teruslah bekerja kompak, ciptakan kreasi dan inovasi pelayanan yang memenuhi kebutuhan utama masyarakat. Melalui karakter berpikir, berkata dan bertindak dengan hikmat dan kebijaksanaan,” pungkasnya.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
31 votes

This will close in 10 seconds