Bertolak dari Lanud Sam Ratulangi,Tim SAR Cek Pancaran Distress Alert

MANADO,Manadonews.co.id-.Pesawat Boeing AI7303 untuk misi SAR tiba pagi hari ini, Selasa (04/08/2020) di Lanud Sam Ratulangi Manado untuk selanjutnya memeriksa pancaran alat Distress Alert, pada posisi derajat dengan sasaran di perbatasan dengan wilayah laut Filipina.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk di ruang VIP Mako “Tentara Langit” Lanud Sam Ratulangi Manado, menjelaskan bahwa berdasarkan surat telegram dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) yang bersifat segera, maka diberikan bantuan dukungan alat utama pesawat udara TNI AU untuk pengecekan pancaran Distress Alert pada posisi dimaksud dengan rute Makassar- Sasaran- Manado, selanjutnya Manado- sasaran- Manado- Makassar.

“Pada awal bulan Agustus pukul 09.44 telah terdeteksi Distress Alert dari EPIRB atau Emergency Position Indicating Radio Beacon, kapal pada koordinat awal 05 derajat 13’ 36” North dan 126 derajat 33’ 24” East dan terakhir diketahui di deteksi pada 04 derajat 27’ 24” North dan 126 derajat 23’ 54” East. Sampai saat ini BEACON tersebut masih memancarkan Distress Alert”, jelas Kolonel PNB Abram Tumanduk didampingi Kadisops Lanudsri Letkol Lek Marshal Lasut.

Baca Juga:  Agus Sepakat Dengan Himbauan Presiden Soal Memfitnah

“Data data tidak dikenal, namun lokasi terakhir pada heading 41 derajat/ 60 NM dari pulau Sangihe di perbatasan dengan wilayah laut Filipina,” ujarnya.

Dukungan alat utama pesawat udara TNI AU dari Skadron Udara 5 Lanud Hasanuddin. Pesawat ini diawaki dan dipimpin oleh Mayor PNB Devi Oktaviandra. Skadron Udara 5/ Intai Strategis merupakan Skadron Udara operasional yang berada di jajaran Wing Udara 5 Lanud Hasanuddin Makassar.

Bertugas menyiapkan dan mengoperasikan pesawat intai yang terdiri dari pesawat jenis Boeing 737-200 untuk melaksanakan operasi udara yaitu operasi pengintaian udara dan SAR terbatas. Danlanud Sam Ratulangi memimpin briefing penerbangan, kemudian mendengarkan paparan rencana pencarian oleh Penerbang dari Skadron 5 Lanud Hasanuddin Makassar.
(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
320 votes

This will close in 10 seconds