Serap Aspirasi, Djafar Alkatiri Kunjungi Rutan Kelas IIA Manado

MANADO,Manadonews.co.id-Rutan Kelas IIA Manado, Rabu (4/8) kedatangan tamu istimewa, Wakil Ketua Komite I DPD RI Ir H Djafar Alkatiri, MM, M.Pd.I. Kehadiran Senator handal yang kenyang pengalaman di dunia politik itu dilabeli Kunjungan Kerja dalam balutan Penanganan dan Pelayanan Kepada Warga Binaana Pemasyarakatan (WBP) pada masa Pandemi Covid-19.

Dalam kunjungannya ke Rutan Manado, Djafar yang didampingi Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Lumaksono dan Kepala Divisi Pemayarakatan Bambang Haryanto dijemput Plh Ka Rutan Sonny Abram Gumansalangi, Kasubsi Pelayanan Tahanan Wahyono dan Kasubsi Pengelolaan Feri Ngajow diarahkan untuk melihat kondisi tempat besukan yang sementara tidak menerima pelayanan besukan karena Pandemi Covid-19.

Setelah itu rombongan menuju Aula Rutan untuk bertatap muka sekaligus berdialog dengan WBP. “Saya ingin menyerap langsung permasalahan yang ada di Lapas dan Rutan, seperti masalah pelayanan tahanan, makan, air bersih dan kebutuhan lainnya,’’ ujar mantan anggota DPR Manado dan Sulut beberapa periode itu.

Dia mengakui, kehadirannya di Rutan Manado serta sebelumnya di Lapas Manado sesuai fungsinya yang membidangi tugas, salah satunya memperhatikan urusan daerah dan masyarakat melalui bidang politik, Hukum dan HAM serta Ketertiban Umum. Dia berharap sistem pemasyarakatan dapat terus berjalan baik walaupun dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang belum tau kapan akan berakhir. Jafar juga berjanji akan mengawal kelanjutan pembahasan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan yang menjadi prioritas Porlekna 2020 saat menjawab pertanyaan dari salah satu WBP yang terkena kasus Tipikor.

Baca Juga:  BPK-RI Audit Pemprov Sulut. Kandouw : SKPD Harus Ada Ditempat

Pada kesempatan itu, Ir Djafar memberikan bantuan masing-masing sebesar Rp 5 buat pembangunan Gereja Abigail Rutan Manado, Masjid At-Taubah serta pengadaan motor kebersihan yang digunakan mengangkut sampah di Rutan.

Sementara Lapas Manado juga menerima bantuan Rp 5 juta. Selain memberikan bantuan tersebut, Djafar Alkatiri juga menyatakan kesiapannya di laga final Turnamen Futsal dalam menyambut HUT RI pada 16 Agustus mendatang, sekaligus berjanji untuk tampil di laga eksebisi sekaligus menyiapkan hadiah kepada para pemenang. ‘’Saya dulu mantan pemain Persma,’’ ungkapnya.
(Ben)