Soft Opening Taman Wisata Alam, Jimmy Eman: Jadi Starting Point

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE, Ak, CA menghadiri soft opening Taman Wisata Alam Tomohon Jl. Tomohon – Rurukan, Talete Satu, Kec. Tomohon Tengah, meresmikan Tourism Information Center Tomohon yang ditandai dengan penguntingan pita, membuka Festival Falinggir isento 2020 yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren dan alat musik Kolintang, Sabtu (8/8).

Ibadah dipimpin oleh Khadim Pdt. Johny J. Palilingan, MTh yang merupakan Ketua BPMJ Jemaat GMIM Wilken Paslaten.

Hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc, jajaran Pemerintah Kota Tomohon, para pegiat Pariwisata Kota Tomohon, Asosiasi Pariwisata dan Stakeholder terkait.

“Dalam suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan negara kita saat ini, sektor pariwisata Kota Tomohon mencoba untuk bangkit kembali,” ungkap Wali Kota mengawali sambutannya.

Strategi yang digunakan oleh pemerintah Kota Tomohon untuk pemulihan ekonomi di bidang pariwisata, lata Eman, dengan melakukan reaktifasi destinasi wisata dan pembukaan destinasi wisata baru.

“Sejak akhir bulan juli, beberapa objek wisata di Kota Tomohon telah kami rekomendasikan untuk kembali dibuka dengan menggunakan protokol kesehatan new normal. Hal ini dimaksudkan agar perputaran ekonomi khususnya di bidang pariwisata kembali bergeliat. Saat ini sebagaimana kita lihat bersama potensi dan daya tarik wisata yang dimiliki oleh taman wisata alam ini sungguh mempesona. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan luas hutannya yang menghijau ditambah dengan aneka ragam wahana permainan dan fasilitas pariwisata yang tersedia, menjadikan taman wisata alam ini sebagai the new tourism destination di Kota Tomohon,” paparnya.

Baca Juga:  Gubernur Olly Dondokambey Serahkan Bonus ke Pemain Sulut United

Selain itu, taman wisata alam merupakan sisi destinasi wisata yang menawarkan beragam atraksi wahana permainan yang cocok untuk keluarga, komunitas perkantoran, anak-anak sekolah, mahasiswa dan untuk umum dengan konsep sustainable tourism development (pengembangan pariwisata yang berkelanjutan).

Soft Opening dirangkaikan dengan pembukaan festival palinggir bekerjasama dengan ISENTO (Ikatan Seniman Tomohon) saat ini merupakan agenda yang strategis karena merupakan starting point yang akan menentukan sukses tidaknya manajemen pengelolaan destinasi wisata ini.

“Selain itu, soft opening taman wisata alam ini juga merupakan promotion windows (jendela promosi) yang mengakselerasi semua komponen pendukung yakni instansi-instansi terkait yang terlibat dalam proses pembangunan taman wisata alam ini mulai dari tahap persiapan, pembangunan sampai pada tahap operasional yang dimulai hari ini,” urainya.

Pemerintah Kota Tomohon berharap semoga destinasi wisata ini mampu memberikan kontribusi yang positif dengan menambah pendapatan asli daerah bidang pariwisata, menjadi destinasi wisata alternative bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara di tengah banyaknya objek wisata yang ada di Kota Tomohon dan menjadi tempat berusaha bagi beberapa pelaku ekonomi kreatif di Kota Tomohon.

Baca Juga:  Robby Dondokambey Serahkan Hewan Kurban di Masjid Al Hijrah Rinegatan

“Intinya adalah kehadiran taman wisata alam ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Kota Tomohon dalam memajukan sektor pariwisata demi mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota Tomohon tahun 2016 – 2021 yakni menjadikan Tomohon sebagai kota tujuan wisata dunia,” tutupnya.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5913 votes

This will close in 10 seconds