Survei LSI: Petahana Perkasa, VAP di Bawah CEP

Manado – Olly Dondokambey dan Steven Kandouw sebagai petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara berpeluang besar memenangkan kontestasi Pilkada Sulut 9 Desember 2020 mendatang.

Pasangan dengan sebutan ODSK ini, masih diunggulkan dengan kontribusi program dan capaian yang telah dilakukan. Hal ini menjadi kekuatannya dalam mendongkrak elektabilitas.

Peneliti senior LSI, Ikrama Masloman, saat konferensi pers di Hotel Aston Manado, Minggu (9/8/2020), menerangkan hasil survei petahana ODSK mendapat apresiasi positif dengan elektabilitas di atas 60 persen.

“Untuk barisan para penantang suaranya di bawah 10 persen. Daya dongkrak penantang belum kuat dengan tersisa empat bulan jelang pencoblosan,” jelas Masloman.

Data tersebut, menurut Masloman, berdasarkan hasil temuan survei Lingkaran Survei Indonesia Network Denny JA pada April 2020.

“Kita gunakan 800 responden di seluruh kabupaten dan kota di Sulut dengan metode multistage randok sampling. Wawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuisioner, dan margin of error 3.5 persen,” tandas Masloman.

Hasil survei sementara, lanjut Masloman, petahana perkasa tergambar dari elektabilitas OD didukung sebesar 62 persen. Penantang Christiany Eugenia Paruntu (CEP) meraih dukungan 9.3 persen, sementara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) meraih dukungan sebesar 3.3 persen.

Baca Juga:  Gubernur Olly Minta Masyarakat Tak Beraktivitas di Radius 4,5 Km Dari Puncak Soputan

“Dari sisi pemilih militan, petahana solid di atas 45 persen, disusul CEP 6.2 persen dan VAP sebanyak 2 persen,” pungkas Masloman. (***/YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1370 votes

This will close in 10 seconds