Nyeri Punggung Bawah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

MANADO, Manadonews.co.id-Low back pain atau nyeri punggung bawah adalah rasa nyeri pada pinggang atau punggung bagian bawah yang bisa terasa hingga ke bokong dan paha. Bahkan pada beberapa kasus, nyeri yang dirasakan penderitanya bisa menjalar hingga ke kaki.

Nyeri Punggung Bawah merupakan kumpulan gejala tergantung penyebabnya yang bisa ditandai dengan:

Adanya rasa nyeri pada punggung bawah mulai dari tulang rusuk sampai pangkal pahaRasa nyeri bersifat lokal atau menjalar atau gabungan dari keduanya Nyeri bisa menjalar mulai dari tulang punggung bawah sampai ke tungkai dan jari kaki.

Penyebab nyeri punggung bawah dapat berasal dari gangguan pada saraf, otot, tulangsendi sekitar puggung bawah serta dapat juga akibat adanya batu ginjal maupun tumor sekitar punggung bawah.

Untuk mengetahui lebih jauh gejala nyeri punggung bawa, dan bagaimana cara mengatasinya?,
RSUP Kandou Manado melaksanakan edukasi kesehatan dengan topik “Rehabilitasi Nyeri Punggung Bawah”  Rabu, (12/8 2020) dengan pembicara dr. Lidwina Sima Sengkey, Sp.KFR yang dimulai Jam  09.00 wita, bertempat Ruang Tunggu Poli Bedah. Kegitan ini tetap memperhatikan Pshysical Distancing yang diikuti puluhan peserta.

Baca Juga:  Menkes-RI Lantik Dua Direktur Baru RSUP Kandou Manado

Nyeri punggung bawah yang dibicarakan dalam artikel ini adalah lebih pada penyebab yang berasal dari gangguan otot, saraf, tulang dan sendi sekitar punggung bawah.

Gangguan pada saraf, otot, tulang dan sendi daerah punggung bawah  dapat terjadi karena proses mekanik (contohnya cedera dan gangguan postur), proses degenerative tulang/ sendi tulang belakang dan peradangan sendi tulang belakang daerah punggung bawah.

Penyebab tersering nyeri punggung bawah, sekitar 90 %,  disebabkan oleh gangguan pada saraf, dimana saraf yang melalui tulang belakang terjepit atau teriritasi. Terjepitnya saraf dapat diakibatkan oleh gangguan pada sendi tulang belakang. Hal ini menyebabkan otot-otot punggung menegang sehingga menambah nyeri punggung bawah pasien.

Ada banyak faktor resiko yang menyebabkan munculnya nyeri punggung, beberapa diantaranya, Sering mengangkat benda berat terutama dengan teknik yang kurang tepat, contohnya mengangkat galon berisi air mineral dengan posisi membungkukBeraktivitas dengan postur tubuh yang salah, contohnya duduk dengan posisi membungkuk ke depan dalam waktu yang lama.Obesitas (kegemukan)

Penanganan rehabilitasi medik yang dapat diberikan  bagi penderita nyeri punggung bawah sebagai berikut:

Baca Juga:  Pemalu dan Phobia Sosial, Apa Bedanya?

Hindari semau aktivitas yang dapat memperburuk nyeri punggung bawah dan mengistirahatkan punggung denganmenggunakan penyangga (dalam istilah medisnya: lumbosacral support / alat bantu penyangga punggung) sehingga dapat mengurangi nyeri dan kejang otot.Dapat diberikan kompres dingin bila nyeri akut dan kompres hangat bila nyeri sudah mulai berkurangSelanjutnya dalam penanganan dokter rehabilitasi medik akan disesuaikan dengan penyebab dasarnya.

Tindakan dapat berupa dengan terapi peregangan punggung, penguatan otot punggung, penggunaan alat modalitas fisik dan program stabilisasi punggung. Latihan mekanika dan postur tubuh juga merupakan bagian penting rehabilitasi medik.Untuk mengurangi nyeri berulang dapat dilakukan dengan berenang secara rutin.
(Ben)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
1042 votes

This will close in 10 seconds