Di Hadapan Warga Bunaken, Olly Dondokambey Ceritakan Pertemuan dengan Presiden Jokowi

Manado – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerangkan bahwa pembangunan rumah swadaya untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang menjadi bukti besarnya perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pariwisata Sulut.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat menyerahkan bantuan rumah swadaya pariwisata untuk warga di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Manado, Sabtu (22/8/2020).

Olly pun menceritakan kembali pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Sulut beberapa waktu lalu. Saat itu Olly mengusulkan kepada Jokowi soal pembangunan homestay di kawasan pariwisata.

“Jadi begini Pak Presiden, di Kementerian PUPR ada Dirjen Perumahan, bagaimana sekali-sekali buat program bantu daerah pariwisata dengan program homestaynya. Ternyata Pak Presiden buat ini program, program ini belum di seluruh Indonesia ada, baru di Sulut ini ada homestay, kalau program bantu rumah-rumah banyak, seluruh Indonesia ada, tapi khusus homestay baru ada di Sulut,” katanya.

Olly juga memuji komitmen dan perhatian Jokowi untuk membangun sektor pariwisata Sulut.

“Makanya di Bunaken ini kita bawa Pak Presiden, walaupun dia cuma lihat dari pelabuhan dermaga situ, dia so tau apa tu maksud, dan ini hebat torang pe Pak Presiden ini, apa yang depe bicara pasti dilaksanakan, salah satu ini rumah buat homestay, ini baru 32, target torang ada 300 disini, supaya masyarakat bisa menikmati secara langsung pariwisata kalau ada homestay,” sambungnya.

Baca Juga:  Didampingi Forkopimda, Gubernur Olly Launching Dapur Umum bagi Warga Terdampak COVID-19

Lanjut Olly, keberadaan home stay dapat meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar tempat wisata.

“Jadi torang dorong pertama torang perbaiki semua rumah-rumah yang ada di Bunaken ini supaya paling tidak ada dua kamar, boleh dorang ja kase sewa kalau boleh datang, turis-turis datang ke Sulut. Minggu lalu kita so tanda tangan ini surat Bunaken boleh dibuka untuk wisatawan , jadi so kirim surat ke kepala balai taman nasional Bunaken,” ungkap Olly.

Olly optimis jika masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan maka pembukaan kembali kawasan wisata bunaken berjalan lancar.

“Jadi ini manfaat pemerintah provinsi hadir di tengah masyarakat di Bunaken dalam rangka kita mempersiapkan era baru dalam kehidupan pariwisata kita. Kalau masyarakat semua peduli, mau pake masker, mau jaga jarak dan hidup bersih torang somo buka ini turis datang ulang kamari,” tandas Olly.

Selain menyerahkan rumah swadaya pariwisata, Olly menyerahkan 600 cikal bibit kelapa genjah pandan wangi kepada warga Bunaken.

“Ini kelapa torang ada kirim dari Thailand lewat Medan baru sampe disini dari Medan so model bagini, 1 biji Rp 250 ribu, ini kelapa kelapa pandan wangi, nimbole beking kopra ini, memang khusus for kelapa muda jadi tiap rumah torang berbage satu nanti paling tidak dia babuah tiga tahun stengah so paling lambat, biasa tiga tahun dia so babuah,” ujarnya.

Baca Juga:  Lomba Gerak Jalan, Masamper dan Kolintang Meriahkan HUT PDI Perjuangan ke- 45

Olly juga menyalurkan berbagai bantuan lainnya untuk masyarakat Bunaken, diantaranya coolbox dan BBM sebanyak 50 liter untuk setiap nelayan yang terdampak Covid-19 dan bantuan sosial sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Adapun rangkaian kegiatan di Bunaken turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (***/YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5553 votes

This will close in 10 seconds