Kota Manado Juara Umum Kejurnas Bridge Antar Kabupaten/Kota Online 2020

MANADO,Manadonews.co.id-.Setelah bertanding selama lebih dari sebulan atau tepatnya mulai tanggal 20 Juli 2020 telah berakhir tadi malam dan ditutup oleh Ketua Umum PB Gabsi Miranda S Goeltom dalam upacara penutupan yang berlangsung secara virtual.

Ketum dalam sambutannya di upacara penutupan menyatakan penghargaan dan berterima kasih pada Panitia pertandingan dibawah pimpinan Ronny A Lontoh dan Ketua Pelaksana Raf Radiant Agung telah bekerja keras sehingga event ini bisa berjalan dengan baik dan tentu saja dengan bantuan para pemimpin pertandingan dibawah wasit nasional John Tumewu serta dibantu seluruh anggota panitia pelaksana.

Sangat disayangkan bahwa kerja keras yang disertai peraturan-peraturan yang lebih ketat masih tetap belum sepenuhnya menghalau pemain-pemain yang lebih mengejar kemenangan dan bukannya fair play.

“Ini bisa terlihat dari sanksi-sanksi yang dijatuhkan ke beberapa tim dan pasangan. Suatu hal yang sangat disayangkan,” lanjut Miranda.

Meskipun di semi final dan final harus bermain dengan computer dan wajib video call tetapi apabila ada yang bermain unfair play di babak penyisihan dan perempat final, maka ada kemungkinan tim yang baik tersingkirkan secara tidak fair di awal pertandingan.

Baca Juga:  Nona Rimporok Jabat Plt Ketua GABSI Minut

Oleh karena itu, di masa datang, PB GABSI akan menerapkan peraturan yang semakin ketat seperti (i) video on zoom sepanjang pertandingan, (ii) no kibitzers, (iii) no chat among players, (iv) no running score, (v) V-graph bergantian dan (vi) setiap papan diawasi tournament director. Ini merupakan persiapan untuk mengikuti FISU World University Championship usia 18 – 25 thn yg akan diadakan 24 Oktober mendatang.

PB GABSI berkomitmen untuk mendukung Bridge On Line yang sudah terbukti merupakan sarana ampuh untuk memberdayakan bibit-bibit atlet dari diberbagai penjuru Indonesia, namun akan menjaganya agar memiliki reputasi yang dibanggakan.

Untuk itu, segera akan dikeluarkan peraturan yang keras dan tegas tanpa pandang bulu, sehingga pemain yang mencoba bermain unfair dan cheating akan terancam ke beradaannya di dunia bridge, bukan hany di Indonesia tetapi juga di dunia, menutup sambutannya.

Memang menarik event ini karena selain para pemain bertanding dari mana saja, berlangsung cukup lama sebulan lebih sedikit serta diikuti lebih dari 1.000 peserta. Karena event ini berlangsung online tentu panitia pelaksana akan sangat sulit mengawasi setiap pemain yang bertanding sehingga kalau ada pemain yang nakal tidak serta merta bisa langsung menghukumnya.

Baca Juga:  Kekalahan 2-0 dari Persis Solo Jadi Bahan Evaluasi

Beruntung walaupun belum lengkap sekali, PB Gabsi telah mengeluarkan peraturan pertandingan sehingga para pemimpin pertandingan bisa membuat keputusan untuk menghukum para pemain yang sedikit nakal. Ada 3 kategori yang dipertandingkan di event ini, kategori umum dengan nomor open, ladies mixed dan senior kemudian kategori junior dengan nomor U12, U16,U18,U21,U26 dan U31 serta yang terakhir consolation yang diikuti semua yang tidak berlaga di final dan mereka bertanding bersama baik kategori umum dan junior.

Gabungan Bridge Manado (GABMO) yang memang cukup banyak mengikutsertakan atletnya dengan ikut di 8 nomor pertandingan akhirnya keluar sebagai juara umum setelah menyelesaikan nomor mixed team.

Pertarungan kedua tim ini memang menentukan Kabupaten/Kota mana yang akan meraih medali emas terbanyak di event ini. Sebelumnya Gabungan Bridge Jakarta Utara (GBJU) telah memastikan 1 medali emas dari nomor Ladies team sedangkan GABMO juga sudah meraih 1 medali emas di nomor Senior Team.

Selain kedua tim ini tidak ada lagi yang berpeluang meraih dua medali emas. Ketika tim mixed GABMO menang maka mereka menjadi juara umum karena berhasil meraih 2 medali emas serta dua medali perak. Tempat kedua diraih GBJU dengan 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Di peringkat 3 muncul Jember dengan 1 medali emas, satu medali perak dan 1 medali perunggu. Ketiga medali Jember diraih dari kategori junior.
(Ben)

Baca Juga:  Revino Pepah Siap Majukan Olahraga Sepeda di Sulawesi Utara
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
852 votes

This will close in 10 seconds