Dilantik Kapolri, Irjen Pol Panca Putra Resmi Jabat Kapolda Sulut

MANADO,Manadonews.co.id-.Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada Senin (31/8/2020) memimpin upacara pelantikan terhadap delapan perwira tinggi di Rupatama Mabes Polri.

Kedelapan perwira yang dilantik tersebut diantaranya Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak yang menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara mengantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Dengan jabatan baru ini, mantan Direktur Penyidikan KPK tersebut berarti hanya dua bulan menjabat widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Karier Irjen Pol Panca di Korps Bhayangkara memiliki repuptasi yang baik. Ia pernah menjabat sebagai Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal sebelum dipromosikan sebagai Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011).

Jenderal bintang dua kelahiran 1969 ini kemudian dipromosikan sebagai Dirreskrimsus Polda Kalimantan Tengah setahun berikutnya. Dari Kalteng, dia ditarik untuk menjadi dosen utama STIK Lemdikpol (2013).

Pada 2017, oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dia ditunjuk untuk menjabat sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri. Pada 2018, Panca mengikuti seleksi jabatan dirdik KPK.

Dia akhirnya terpilih setelah mengalahkan empat kandidat lainnya yang dua di antaranya dari Polri, satu dari Kejagung dan satu lainnya dari penyidik internal KPK. Panca dilantik sebagai dirdik KPK menggantikan seniornya Aris Budiman pada September 2018.

Baca Juga:  Hari Jadi ke-71, Polwan Polda Sulut Gelar Syukuran

Panca dilantik bersama tujuh perwira tinggi lainnya sesuai telegram bernomor ST/2247/VIII/KEP/2020 Tanggal 3 Agustus 2020.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, dalam telegram tersebut juga tercantum kenaikan pangkat sejumlah perwira tinggi lainnya.

“Dilaksanakan sertijab ada 8 Kapolda, Asops dan Kadiv TIK Polri,” ujar Awi Setiyono Senin (31/8/2020).

Berikut 8 pati yang dilantik menjadi kapolda :

  1. Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dilantik menjadi Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim)
  2. Irjen Pol Bambang Kristyono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri dilantik menjadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara)
  3. Irjen RZ Panca Putra S sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri dilantik menjadi Kapolda Sulawesi Utara
  4. Irjen Pol Merdisyam yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara dilantik menjadi Kapolda Sulawesi Selatan
  5. Brigjen Pol Yan Sultra sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara dilantik menjadi Kapolda Sulawesi Utara 
  6. Brigjen Pol Abdul Rakhman Baso dilantik menjadi Kapolda Sulawesi Tengah
  7. Irjen Pol Lotharia Latif sebelumnya menjabat Kakorpolairud Polri dilantik menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur
  8. Brigjen Pol Akhmad Widyagus dilantik menjadi Kapolda Gorontalo.
    (Ben)
Baca Juga:  Timsus Maleo Ringkus 2 Remaja Pencuri Tabung Gas dan Aki
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5614 votes

This will close in 10 seconds