ASN Harus Netral di Pilkada Serentak 2020

MANADO,Manadonews.co.id-.Sesuai Surat Edaran(SE), Menpan RB Tjahjo Kumolo, Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib netral dalam Pilkada Serentak 2020. Sanksi menanti bagi yang terbukti mendukung pasangan calon. Mulai penurunan jabatan sampai pemecatan.

Sanksinya sangat tegas, bisa sampai pemecatan juga. Mulai dari peringatan, diturunkan jabatan dan pangkat. Karena itu, ASN harus netral. Jangan sampai tugas sehari-hari melayani masyarakat, justru sibuk ngurusi Pilkada,” tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, kemarin.

Menurutnya, menjelang Pilkada 2020, netralitas ASN jadi sorotan Bawaslu, Kemendagri, KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Sudah ada perjanjian dari kementerian dan lembaga untuk mengawasi ASN yang tidak netral selama Pilkada Serentak 2020.

Tjahjo mengajak pers dan masyarakat untuk ikut mengawasi jika ada ASN yang terlibat, mendukung dan bergerak langsung secara politik di Pilkada.

Sementara Ketua  Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, menilai kunci agar terlepas dari persoalan netralitas ASN adalah kinerja panitia pengawas pemilu. Mulai dari kecamatan sampai pusat.

“Bawaslu Sulut menghimbau ASN untuk tidak terlibat dalam proses pendaftaran Bakal Pasangan Calon di KPU Prov dan KPU Kab Kota. Khusus istri / suami Bakal Calon yang berstatus ASN, pada saat pendaftaran, wajib mengajukan cuti, bersikap pasif dan tidak memakai atribut yang menampilkan identitas Bakal Pasangan Calon. nstitusi harus berperan aktif mengawasi jika ada ASN yang tak netral selama proses pemilihan kepala daerah,” ujarnya.

Baca Juga:  Suak : Kita Akan Gugat Yayasan Secara Hukum

Malonda menambahkan SE Menpan tahun 2018 ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.
Jika kita lihat SE Menpan merupakan penjabaran perilaku pelanggaran netralitas yang terdapat dalam UU 5 tahun 2015 ttg ASN ,PP 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan kode etik PNS dan PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin ASN.
(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5580 votes

This will close in 10 seconds