Petahana Itu termasuk Istri, Suami, Anak dan Ipar, Pesan Penting Anggota DKPP Alfitra Salamm kepada Bawaslu: Perlu Pengawasan Khusus!

Manado – Dibutuhkan pengawasan khusus terhadap calon kepala daerah petahana oleh
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Hal tersebut diungkapkan anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang juga Ketua Umum Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI), Alfitra Salamm, pada media gathering ‘Netralitas Penyelenggara Pemilu dalam Pilkada 2020 di Provinsi Sulawesi Utara’ yang dilaksanakan Bawaslu Sulut di Best Western Hotel The Lagoon, Sabtu (5/9/2020).

“Ada 270 Pilkada, 200 petahana, petahana bukan sekedar incumbent, tapi juga rumpun di sekitar petahana, termasuk istri, suami, anak, ipar, dan lainnya. Ini lingkaran yang mendekati petahana jadi tantangan serius,” jelas Alfitra Salamm.

Alfitra mengingatkan, pengawasan terhadap calon kepala daerah petahana untuk Pilkada 2020 jadi tugas serius Bawaslu. Petahana sering memanfaatkan ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Nah, ASN ini bisa beranak tujuh,” tukas Alfitra.

Menurut Alfitra Salamm, mengacu pada aturan bahwa ASN harus bersikap netral, namun faktanya netralitas ASN setengah hati, ASN tidak bisa kampanye tapi bisa memilih. Jadi masalah ketika kandidat, istrinya ASN atau sebaliknya.

Baca Juga:  Mantan Ketua Golkar Sulut Sebut Dana Besar yang Turun Berkat Lobi Olly Dondokambey

“Saran saya, Bawaslu kirim surat ke kandidat (yang istri atau suami berstatus ASN) untuk diberikan peringatan dari pada nanti jadi temuan. Sudah ada aturan tapi untuk mendeteksinya sangat sulit,” jelas Alfitra Salamm.

Menanggapi arahan Alfitra Salamm, Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyurat kepada calon kepala daerah yang memiliki istri atau suami berstatus ASN.

“ASN istri atau suami dari kandidat kami sudah menyurat agar cuti. Sebagai contoh, terinformasi istri dari pak Wagub Steven Kandouw) sudah ambil cuti. Juga pemberian bansos harus dihentikan seminggu sebelum hari H,” jelas Herwyn Malonda.

Media gathering juga menghadirkan narasumber Dosen Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Dr. Ferry Daud Liando, dan puluhan perwakilan media. (YerryPalohoon)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5615 votes

This will close in 10 seconds