Kata Jimmy Eman, Pramuka Harus Ikut Bantu Tangani Covid-19

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Pemerintah Kota Tomohon membutuhkan sinergitas dengan stakeholder termasuk di dalamnya pengurus Kwartir Cabang Kota Tomohon untuk bersama-sama membangun dan mewujudkan Kota Tomohon yang maju dan sejahtera.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Tomohon sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kak Jimmy Fidie Eman SE, Ak dalam sambutan saat membuka Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Tomohon, Jumat (11/9).

“Semangat trisatya dan dasa dharma Pramuka hendaknya selalu menjadi landasan bergerak dan bertindak bagi segenap insan Pramuka di Kota Tomohon, dan yakinlah kita dapat bersama-sama membuat dunia ini lebih baik disaat kita meninggalkannya, sebagaimana pesan bapak Pandu Dunia Lord Baden Powell,” urainya.

Dikatakannya, tema Gerakan Pramuka tahun 2020 adalah “Partisipasi Pramuka dalam membantu penanganan Covid-19”.

“Tema ini merupakan perwujudan dari semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia bahkan di seluruh dunia,” ujarnya.

Meski dalam pandemi, lanjutnya, Gerakan Pramuka tidak boleh kendur dan tetap semangat dalam upaya membina generasi muda serta melakukan inovasi-inovasi baru.

Baca Juga:  Dukung Sektor Pendidikan, Pemdes Batu Merah Bangun Paud

“Pramuka harus selalu peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan sesama dan harus saling membantu dalam menyelesaikan masalah bersama,” tukasnya.

Upaya Gerakan Pramuka dalam membantu pemerintah untuk menangani Covid-19 bisa diwujudkan dengan ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Gerakan Pramuka harus diarahkan pada pemantapan gerakan untuk memperkuat karakter bangsa. Karakter dan watak bangsa yang unggul akan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa. Pemantapan tersebut dilakukan pada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Melalui Gerakan Pramuka ini diharapkan dapat melahirkan pemimpin di masa yang akan datang. Tentu kami menyambut baik digelarnya Musyawarah Cabang Pramuka. hal ini menandakan mekanisme organisasi telah berjalan baik,” pungkasnya.

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5618 votes

This will close in 10 seconds