Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Gubernur Sulut Peletakkan Batu Pertama Jalan Manado Outer Ring Road III

MANADO, MANADONEWS.co.id- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang di dampingi Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Meyer Putong bersama Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Letkol Inf Reymond Purba, turut menghadiri acara Ground Breaking (peletakkan batu pertama) Pembangunan Jalan Manado Outer Ring Road (MORR) III, Senin (14/9/2020) di Desa Kalasey Satu, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

Peletakkan batu pertama dan penekanan sirine yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi utara (Sulut) Olly Dondokambey menandai dimulainya pembangunan infrastruktur untuk pekerjaan konstruksi Ringroad Manado 3.

Pada kesempatan itu Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulut Agung Hari Prabowo dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan pekerjaan konstruksi Ringroad Manado 3 yang merupakan kelanjutan pembangunan Manado Try Out 1 dan 2 yang sudah terbangun pembangunan Manado MP-3 .

Dia mengatakan tujuan untuk mengurangi dan mengatasi kemacetan di dalam kota Manado biar juga untuk pemerataan dan percepatan pembangunan daerah peningkatan pertumbuhan ekonomi, menarik investasi, membuka lapangan kerja, mengembangkan potensi pariwisata, menyediakan jalan alternatif untuk meningkatkan keamanan, dan keselamatan bagi pengguna jalan.

Baca Juga:  KPUD Bolmong Gelar Rapat Pleno, Ini Daftar Jumlah DPT

“Kegiatan pembangunan jalan Manado Outer Ring Road ini adalah Mempercepat dan melanjutkan pembangunan infrastruktur oleh karena itu kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat melalui Dirjen Bina Marga memiliki program yang fokus pada pengembangan konektivitas yaitu dengan melanjutkan pembangunan dan preservasi jalan dan jembatan untuk efisiensi logistik dan daya saing nasional.”ujar Agung sambil menegaskan bahwa Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara Dirjen Bina Marga didukung Pemprov Sulut memprogramkan merencanakan dan melaksanakan pembangunan jalan Manado kurang lebih sepanjang 33,64 KM.

Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan hari ini masyarakat Sulawesi Utara bisa melihat dan menyaksikan kembali pembangunan di Sulut yang merupakan tindak lanjut dari janji Presiden waktu berkunjung di daerah ini.

Lebih jauh Gubernur Olly menambahkan bahwa proyek yang dimulai diharapkan dapat menopang pembangunan Infrastruktur dalam rangka mendorong pariwisata di Sulawesi Utara bisa berjalan dengan baik.

Untuk itu kata Olly, Kepada pelaksana dapat menjalankan tugas-tugas yang baik sehingga jalan yang akan kita pergunakan ini benar-benar bermutu yang baik dan berkualitas yang baik sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung program-program pemerintah pusat terhadap pemerintah Provinsi Sulut, utamanya adalah jalan Ringroad 3 ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sulut termasuk akses masuk ke RSUP Prof Kandouw yang menjadi pusat rujukan rumah sakit di wilayah Timur.

Baca Juga:  Rio Dondokambey: Solid Berarti Harus Pilih yang Sama

“Keberadaan proyek ini adalah salah satu bukti dan komitmen pemerintah Sulut yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah pusat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi global di Sulut.”katanya.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang kepada Manadonews.co.id mengatakan keberadaan proyek ini sangat strategis dalam pengembangan wilayah di daerah ini.

“Yang pasti nantinya proyek ini akan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi, Pariwisata serta bidang pembangunan lainnya.”ujar Santos sambil menegaskan jajaran Kodam XIII/Merdeka mendukung penuh semua aktivitas pembangunan di wilayah ini.

Adapun peletakkan batu pertama Proyek pembangunan yang direncakanan pengerjaan nya selama 10 bulan dengan jarak 11,39 Km (Kalasey-Winangun) itu dihadiri oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra, Danlantamal VIII/Manado Brigjen Mar TNI Donar Philip Rompas, Danlanudsri Manado Kolonel PMB Abram Tumanduk, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrew Angouw, Kajati Sulut Andi Muh Arief, Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen, Bupati Minahasa Roy Roring, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Kabagkum Bakamla Zona maritim tengah Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto.(Regina.TS)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
6299 votes

This will close in 10 seconds