Kata Frits Muntu, SIPD Mutlak Dilakukan

TONDANO, MANADONEWS.COID – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos menghadiri dan membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kabupaten Minahasa di Hotel Mercure Manado Tateli Beach Resort. Senin 12 Oktober 2020.

Kegiatan Ini dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan dan akan berlangsung selama 3 hari, 12 sampai dengan 14 oOtober 2020.

Hadir dalam Kegiatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Denny Mangala M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo, Asisten Administrasi Umum Dr Vicky Tanor, SPi M.Si, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Drs. Hanes Donald Wagey, MBA, Kepala Bapelitbangda Kab. Minahasa Philip Siwi,SE selaku penyelenggara Kegiatan, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Peserta dan undangan

Sebagai Narasumber Kepala sub bidang Pembangunan dan Pengembangan pusat data sistem informasi Kementerian Dalam negeri Republik Indonesia Dedy Jamal, ST.MA

Muntu dalam sambutannya mengatakan dengan Perkembangan Teknologi saat ini memberi dampak mendalam pada tata kelola Pemerintahan.

“Di mana saat ini telah memasuki era revolusi industri yang membuktikan bahwa perjalanan Teknologi telah sampai pada era digital, seluruh aktifitas industri yang dikembangkan menggunakan inovasi digital yang bercirikan Otomasi dan ekonomi digital sehingga bentuk persaingan akan semakin terbuka,” paparnya.

Baca Juga:  Dibuka SWM, 237 Orang Ikut Ujian Dinas

Lajutnya, hal ini memungknkan tantangan bagi pemerintah khususnya Pemerintah Kab Minahasa untuk mewujudkan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik yang berbasis elektronik atau E-Government dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan Akuntabel.

“Saat ini Kemendagri telah melauncing Sistem Informasi Pemerintah Daerah yang disingkat SIPD dan mutlak digunakan dalam rangka melaksanakan amanat Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintahan daerah,” ujarnya.

Bimtek ini, kata dia, dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Aparatur perencanaan dalam rangka penerapan SIPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Kepada seluruh peserta diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan serius,” katanya mengingatkan.

Ia mengucapkan terimaksih kepada Kementerian dalam negeri RI dalam hal ini tim dari Pusat data dan sistem informasi kementrian dalam negeri yang sudah berkenan hadir untuk memberikan materi Bimtek pada kegiatan ini.

“Pemkab Minahasa akan terus berbenah untuk penyelarasan pengelolaan perencanaan dan penganggaran antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan Akuntabel untuk kemajuan Kab. Minahasa” tuturnya.

Baca Juga:  ROR-RD Ikut Rapat Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo

Yunita Rotikan

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3575 votes

This will close in 10 seconds