Sekelompok Pendemo Kuasai Landasan Pacu Bandara Sam Ratulangi

MANADO,Manadonews.co.id-Sekelompok orang pendemo mendatangi landasan pacu Bandara Internasional Sam Ratulangi, dengan membawa berbagai spanduk protes tentang pengembangan bangunan hanggar Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, di sebelah timur run-way, Selasa (27/10/2020).

Namun ini hanya skenario itu dalam kegiatan simulasi Penangngulangan Huru-Hara (PHH) di aset Lanud Sam Ratulangi. Menurut Kepala Dinas Operasi Lanud Sam Ratulangi Mayor Lek Riki Husman, latihan simulasi ini adalah program kerja Dinas Operasi melalui Bidang Keamanan Pertahanan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi.

“Untuk meningkatkan kesiapan pasukan TNI Angkatan Udara khususnya di Lanud Sam Ratulangi dalam tugas keamanan dan pertahanan pangkalan udara. Apalagi kesiapan membantu Polri mengawal Pilkada Sulut. Jika dibutuhkan, kita telah siap untuk digerakkan demi menjaga situasi senantiasa kondusif, kita siap membantu Pemerintah Daerah Sulawesi Utara”, ujarnya.

Secara teknis pelaksanaannya, dijelaskan oleh Kepala Seksi Keamanan Pertahanan Pangkalan Lanud Sam Ratulangi (Kasikamhanlan) Mayor Pom Benyamin Sirait.

 “PHH ini dimulai sejak pukul 05.00 Wita pagi, di mulai dengan apel kesiapan, Memeriksa secara keseluruhan kesiapan setiap regu. Sebanyak beberapa regu disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan patroli jalan kaki mengelilingi bandara Internasional Sam Ratulangi,Sekaligus memeriksa keamanan alat utama sistem senjata, serta keamanan bandara Internasional Sam Ratulangi Manado demi keselamatan penerbangan,” tandasnya

Baca Juga:  PT AP I Bandara Sam Ratulangi Manado Bagikan 5.000 Masker

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk sebelumnya telah memerintahkan untuk dilaksanakannya simulasi PHH. Hal ini dikatakannya saat melaksanakan kegiatan ‘Jam Komandan’ pertengahan bulan Oktober lalu. Danlanud  memerintahkan Kasikamhanlan Mayor Pom Benyamin Sirait, agar PHH siap selalu jika dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya permintaan bantuan PHH jika mendesak.

(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5624 votes

This will close in 10 seconds