RSUP Kandou Terima Anugerah Bapeten 2020 Bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir

MANADO,Manadonews.co.id-.RSUP Kandou Manado Selasa menerima Anugerah Bapeten 2020 dalam bidang Keselamatan dan Keamanan Nuklir pada kategori Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif, Selasa (27/10/2020).
Penyerahan penghargaan di laksanaka  Auditorium Lantai 8, Gedung B Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Jalan Gajah Mada Nomor 8, Jakarta Pusat.

Penghargaan diterima Direktur Utama  RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD yang diserahkan langsung oleh Kepala Bapeten Prof Dr Jazi Eko Istiyanto MSc IPU ASEAN Eng.

Dirut Panelewen merasa bangga atas penghargaan ini yang diterima RSUP Kandou.  Bapeten menilai  RSUP Kandou memiliki komitmen dan performa sangat baik dalam keselamatan radiasi maupun keamanan sumber radioaktif.    Terutama mendukung strategi pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di masa pandemi Covid-19. 

“Kita bersyukur karna di masa pandemi RSUP Kandou di akui oleh instansi  di luar kementerian Kesehatan dalam hal ini Bapeten  dan tentunya dapat memacu kerja keras seluruh jajaran  Rumah Sakit yang menjadi contoh komitmen dan kepatuhan pihak fasilitas dalam melaksanakan pemanfaatan tenaga nuklirnya secara selamat, aman dan tenteram,” ujar Dirut  didampingi Kabag Organisasi dan Umum John Robert Tuwaidan ST.

Baca Juga:   Eman buka kegiatan Meeting of of Council of Asian Flower Exhibition

Dirut lebih jauh menjelaskan Bapeten membuat suatu penilaian berbasis risiko yang menghasilkan suatu tingkat penilaian evaluasi yang berjenjang. Berupa indeks pengawasan yang disebut dengan Indeks Keselamatan dan Keamanan Nuklir (IKKN).

“IKKN merupakan indikator yang terukur sebagai gambaran mengenai status keselamatan dan keamanan fasilitas yang diperoleh melalui Laporan Hasil Inspeksi (LHI) dan Laporan Keselamatan Fasilitas (LKF),” lanjutnya.

Berdasarkan pertimbangan hasil inspeksi, evaluasi terhadap dosis radiasi bagi pekerja radiasi, proses perizinan, dan status kejadian kedaruratan nuklir di RSUP Kandou telah menunjukkan kinerja keselamatan radiasi dan keamanan sumber radioaktif yang sangat baik.

“Penghargaan Anugerah Bapeten, secara tidak langsung juga dapat menunjukkan bahwa budaya keselamatan dan disiplin petugas dalam pelaksanaan pemanfaatan tenaga nuklir di suatu instansi telah berjalan dengan baik,”pungkas Dirut Palenewen.

 
Anugerah Bapeten juga digunakan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir sebagai salah satu indikator untuk menunjukkan bahwa diantara tujuan pengawasan yaitu meningkatkan kesadaran hukum pengguna tenaga nuklir untuk menimbulkan budaya keselamatan dibidang nuklir, serta menjamin terpeliharanya dan ditingkatkannya disiplin petugas dalam pelaksanaan pemanfaatan tenaga nuklir telah tercapai.

Baca Juga:  Api Melahap Pusat Kuliner Dego-Dego dan Kantor Redaksi ManadoNews

(Ben)

Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5624 votes

This will close in 10 seconds