Bappelitbangda Kotamobagu Gelar FGD Penyusunan Laporan SDGs

Manadonews.co.id, Kotamobagu — Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu, Sofian Mokoginta, memimpin langsung Focus Group Discussion (FGD) penyusunan laporan Sustainable Development Goals (SDGs), Rabu (4/11).

Menurut Sofian kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan panduan bagi seluruh pemangku kepentingan baik ditingkat nasional maupun daerah dalam menyusun dokumen Laporan.

“Salah satu keterlibatan daerah dalam penyusunan dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs sesuai amanah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga setiap tahun harus dilakukan evaluasi terhadap seluruh capaian dari indikator SDGs yang ada di daerah agar kedepan bisa lebih memaksimalkan dan meningkatkan capaian,” ujarnya.

Masih menurutnya, jika target SDGs belum terpenuhi, maka selain evaluasi, identifikasi juga perlu dilakukan agar kedepannya bisa menentukan strategi maupun kebijakan yang tepat untuk program kegiatan perangkat daerah.

“SDgs ini masuk dalam dokumen perencanaan daerah sehingga kami mengharapkan setiap perangkat daerah melihat kembali target pada indikator-indikator pembangunan yang telah ditetapkan dan melihat kembali prioritas pembangunan tahun 2021 sesuai dengan tahun tema yang difokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan melalui percepatan pemulihan ekonomi dan peningkatan sistem kesehatan,” tandasnya.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Kantor Bappelitabangda Kotamobagu ini turut dihadiri, Bappeda Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Ciko Jefferson Warouw yang didampingi oleh Tenaga Ahli Dr. Een Walewangko dan Dr. Valentino Lumowa. yang secara bergantian memberikan materi terkait penyusunan Laporan SDGs.

(Yyn)

Baca Juga:  Sugeha : Keuangan Harus di Kelola Dengan Pro Aktif
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5704 votes

This will close in 10 seconds