Fatoni Apresiasi Pembangunan di Minahasa


SULUT,Manadonews.co.id-.Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni bersama jajaran Forkopimda menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa Ke-592 di Benteng Moraya Tondano, Kabupaten Minahasa, Kamis (5/11/2020).

Dalam sambutannya, Pjs Gubernur Fatoni menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut mengucapkan selamat kepada warga Kabupaten Minahasa yang saat ini memperingati HUT ke-592.

Fatoni menuturkan bahwa Minahasa sudah menunjukan dinamika yang sangat progresif, prestasi dan pencapaian positif pada sektor pembangunan, infrastruktur, sosial budaya, ekonomi, lingkungan hidup dan aspek lainnya.

Menurutnya, Minahasa mampu mengiringi pembangunan daerah dengan perkembangan jaman, dan juga daerah kaya akan budaya dan adat serta banyak prestasi yang telah diraih dan dicapai.

“Apresiasi atas prestasi ini, yang tidak lepas dari kerja keras pemerintah dan masyarakat serta segenap komponen di Kabupaten Minahasa atas komitmen dan kerja keras serta dedikasi dan loyalitas yang sudah ditunjukan dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Fatoni juga menerangkan upaya melanjutkan pembangunan daerah perlu dipahami bahwa dinamika yang dihadapi akan semakin kompleks dan dinamis terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang menuntut untuk melakukan upaya dan terobosan yang solutif menerapkan strategi efektif untuk pemulihan kondisi daerah.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Siap Laksanakan Instruksi Mendagri No 6 Tahun 2020

“Mari kita maknai peringatan HUT ini sebagai wadah untuk memantapkan komitmen, meningkatkan sinergitas dalam membangun daerah dan mengoptimalkan potensi daerah serta menangani semua tantangan,” ajaknya.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak, Fatoni optimis pesta demokrasi ini berjalan damai, lancar dan aman dari Covid-19.

“Mari untuk terus menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan termasuk dalam melawan Covid dalam suasana pilkada ini dan wujudkan juga daerah kita sebagai Pelopor pilkada damai dan bebas C-19,” bebernya.

Ia juga mengajak semua pihak menjadikan Pilkada ini sebagai momentum melawan dan mencegah, serta memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan.

“Gunakan hak pilih kita pada 9 desember 2020 nanti, dan memilih pemimpin terbaik yang akan membawa masa depan lebih baik bagi daerah dan masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Minahasa Roy mengatakan bahwa momen HUT Minahasa ke-592 menjadi komitmen untuk membangun Minahasa serta mewujudkan visi Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Baca Juga:  Karena Hal Ini Olly Dondokambey Bakal Terima CNBC Indonesia Awards

Selain itu juga Ketua DPRD Minahasa yang sekaligus sebagai Pimpinan Rapat Paripurna Glady Kandouw menyampaikan bahwa peringatan ini bukan hanya sekedar seremoni, tetapi merupakan momentum dari lembaran dan tonggak sejarah yang baru dengan bermakna pada nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal dengan terus meneladani semangat mapalus.

“Karena semangat inilah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa ini sehingga menjadi daerah otonom yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonom yang lain,” tandasnya.

Dalam kegiatan juga dilaksanakan penganugerahan jabatan kehormatan adat dan juga penyerahan piagam penghargaan kepada kepada Kepala KPPN Manado atas kerjasama sinergitas dan optimalisasi pelayanan yang cepat dan akurat penyaluran dana desa dan dana alokasi khusus di Minahasa.

Turut hadir Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen Kumaat, Staf Ahli Kejaksaan Agung RI Yan Maringka, seluruh anggota DPRD Minahasa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
(*/stvn)

Baca Juga:  Sekda Kotamobagu Buka Turnamen Liga 3 Group 3 Zona BMR dan Minsel
Tags:

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
5949 votes

This will close in 10 seconds