Joune Ganda Bertekad Satukan Potensi Petani dan Nelayan Menjadi Kekuatan Ekonomi Minut Yang Baru

MINUT, Manadonews.co.id – Menjelang 32 hari pelaksanaan Pilkada Minut 9 Desember 2020 mendatang, arus dukungan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) terus mengalir secara nyata dan dari berbagai komponen masyarakat.

Joune-Kevin Sosok Pemimpin  Peduli Petani dan Nelayan

“Selama Kabupaten Minut berdiri dan melaksanakan Pilkada, baru pasangan JG-KWL yang menawarkan dan menjanjikan program yang sesuai dengan harapan petani dan nelayan.”ujar ketua brigade Tani dan Nelayan Minut Jeffry.L.Tuwaidan kepada wartawan, Sabtu (7/11/2020) disela-sela panen perdana bawang merah di Lembean Minut.

Menurut Jeffry, dengan konsep dan program yang stregis briliant dari JG-KWL dalam bidang pertanian dan nelayan, dia meyakini problem dan harapan para petani dan nelayan selama ini akan terjawab.

“Kami petani dan nelayan se-Minut akan mendukung penuh JG-KWL pada Pilbup Minut 9 Desember 2020, satu alasan yang mendasar adalah janji dan komitmen Joune dan Kevin untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan sangat jelas dan sistimatis serta sesuai dengan harapan masyarakat.

Pertanian dan Perikanan Jadi Penopang Ekonomi Rakyat

Baca Juga:  Mobil Dinas Tidak Layak Pakai, Bupati VAP Bersyukur Dapat Yang Baru

Calon Bupati Minut Joune Ganda, SE yang hadir pada panen perdana bawang merah di Lembean yang dirangkaikan dengan pelantikkan pengurus Brigade Tani dan Nelayan Minut itu mengatakan Kabupaten Minahasa Utara pada saat ini sangat strategis di kembangkan dua sektor penting yakni pertanian dan perikanan serta bidang Pariwisata.

“Dua sektor ini akan menjadi sasaran utama dan strategis yang sangat potensial dikembangkan guna menunjang perekonomian Minut.”kata Joune.

Dia menjelaskan, untuk sektor Pertanian dan perikanan perlu dilakukan alih teknologi dari kondisi saat ini. Hal itu dimulai pemilihan bibit unggul hingga solusi pemasaran yang menguntungkan bagi petani dan nelayan.

“Komoditi pertanian dan perikanan yang produktif akan menjamin kesejahteraan rakyat jika sistim pemasarannya tertata dengan baik.”ujarnya.

Dia menambahkan, saatnya petani dan nelayan mendapat porsi perhatian dan kebijakkan pemerintah daerah, dimana kata Joune selama ini para petani dan nelayan melakukan aktivitasnya dengan cara tradisional dan minim dukungan dari banyak hal.

“Petani dan nelayan itu penopang perekonomian apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti yang kita alami saat ini.”kata Joune Ganda.

Baca Juga:  Joune Ganda Bangga dan Bersyukur Kelompok Petani Jagung Binaanya Panen Melimpah

Joune menggambarkan, dalam visi dan misinya bersama Kevin sektor pertanian menjadi salah satu dari 13 prioritas yang akan dia jabarkan jika nantinya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minut.

“Keberpihakkan kami kepada petani dan nelayan di Minut sangat jelas dan merupakan satu pernyataan sikap resmi yang dituangkan dalam konsep visi dan misi JG-KWL yang masuk dalam salah satu syarat administrasi untuk ikut dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.”ujarnya.

Dia menjelaskan, secara umum kepada petani dan nelayan JG-KWL akan mendorong serta mewujudka modernisasi dan industrialisasi pola kerja dan peralatan hingga pemasaran hasil pertanian dan nelayan melalui wadah koorporasi yang transparan dan profesional.

“Yang pasti semua problem dan kebutuhan nelayan dan petani di Minut akan kami carikan solusi dan bantuan dari hulu dan hingga hilir yakni dari sejak proses awal pekerjaaan hingga solusi pemasarannya.”ujar calon Bupati yang juga merupakan entrepeneur muda sukses itu sambil mengapresiasi dukungan para anggota kontak tani dan nelayan se-Minut pada Pilbup Minut 2020 ini.

DPRD Minut Siap Bersinergis

Ditempat yang sama, ketua DPRD Kabupaten Minut Denny Lolong dalam kesempatan itu menuturkan bahwa konsep membangun sektor pertanian dan kelautan yang di tawarkan JGKWL merupakan hal yang strategis dan sangat menyentuh kebutuhan anggota KTNA di Minut.

Baca Juga:  Walikota Kotamobagu Resmi Membuka Musrenbang RPJMD 2019 – 2023

“Program pemberdayaan dan penguatan sektor pertanian dan kelautan ini merupakan hak dasar dan kebutuhan mendesak di era modern ini.” ungkap Delon.

Delon menegaskan, dengan komitmen dan kepedulian yang besar  JG-KWL bagi para petani dan nelayan, dia optimis sektor pertanian dan perikanan di Minut akan bangkit dan mengalami peningkatan produksi yang signifikan pada masa yang akan datang.”ujar Delon dengan garis politik yang sama maka seluruh program JG-KWL jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati bakal sinergis dengan DPRD Minut dan pasangan Cagub dan Cawagub Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) pada lima tahun mendatang.

Kegiatan pelantikan brigade tani dan nelayan yang dirangkaikan dengan Panen perdana bawang merah yang dihadiri oleh calon Bupati Joune Ganda dan ketua DPRD Kabupaten Minut Denny Lolong serta para pengurus Brigade Tani dan nelayan Minut itu dilaksakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
(adve)

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
6037 votes

This will close in 10 seconds