Manfaatkan Pekarangan, Irwan Mokoginta Buat Lahan Pertanian Sistem Hidroponik

Manadonews.co.id, Kotamobagu – Bercocok tanam dengan metode hidroponik saat ini telah menarik banyak perhatian dan minat di masyarakat.

Salahsatu contoh Irwan Mokoginta (43), warga Kelurahan Genggulang Kecamatan Kotamobagu Utara, bahwa dirinya sangat tertarik dengan tanaman hidroponik sehingga ia memanfaatkan lahan pekarangan seluas 9×5 meter di belakang rumahnya.


“Metode hidroponik ini lebih mengandalkan air dengan nutrisi yang baik untuk bertanam. Sehingga tidak heran jika metode tanam hidroponik diminati masyarakat yanga memiliki lahan pekarangan,”ungkapnya, Kamis (3/12/2020) sore ini.

Lanjut dia, hidroponik selain lebih hemat lahan, menanam secara hidroponik juga dikenal sebagai metode tanam yang dapat tumbuh dengan cepat.

“Ini dikarenakan hidroponik menggunakan media air dengan nutrisi tinggi yang mampu membuat tanaman tumbuh dengan pesat. Bahkan masa panen hidroponik pun dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Gizi dari tanaman hidroponik pun tidak kalah tinggi seperti metode tanam pada umumnya,”terangnya.

Meski demikian, Irwan juga berharap
Kepada pemerintah dapat meransang petani hidroponik, karena sistem ini masih baru di Kotamobagu.

“Paling tidak para petani hidroponik bisa diberikan penyuluhan, pelatihan, serta bantuan, agar supaya petani hidroponik di wilayah kotamobagu bisa berkembang,” ujarnya.

(Yyn)

Baca Juga:  Perolehan Suara ODSK di Kotamobagu Naik Signifikan, Mekal Ucapkan Terima Kasih Kepada Tatong Bara
Tags: