Tujuh Indikator Keunggulan Olly Dondokambey-Steven Kandouw di Pilkada Sulut Menurut Pakar Politik Ini

Manado – Pasangan calon (Paslon) Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) untuk sementara unggul di Pilkada Sulut.

Paslon yang diusung PDI Perjuangan dan beberapa partai pendukung ini, berdasarkan hitung cepat beberapa lembaga survei unggul sementara di kisaran 58 persen suara.

Perolehan suara sementara ODSK pada Pilkada 2020 ini, melampaui jumlah suara Pilkada 2015 lalu 52 persen lebih.

Dosen Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi Manado, Dr. Ferry Daud Liando, menguraikan beberapa indikator keuanggulan ODSK.

Pertama, ODSK didukung oleh parpol yang solid yakni PDI Perjuangan. Tidak seperti parpol lain yang mendukung calon tapi kurang solid.

Kedua, ODSK adalah petahana yang mendapatkan keuntungan popularitas. Ketiga, kemampuan menjaga kekompakan selama 5 tahun menjadi daya tarik pemilih.

“Di Sulut hampir semua pasangan kepala daerah itu konflik,” ujar Ferry Liando kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Rabu (9/12/2020) malam.

Indikator keempat, ODSK mendapat dukungan kuat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) yang merupakan gereja dengan jumlah jemaat terbesar di Sulut.

Baca Juga:  Rutan Amurang Gelar Upacara Peringatan HUT RI Ke 72 Dan Pemberian Remisi Umum

Kelima, tim sukses/pemenangan diisi banyak figur besar yang punya banyak pengikut seperti Ir. Marhany Pua, Vreeke Runtu, Jimmy Rimba Rogi dan tokoh besar lainnya.

Keenam, ODSK mendapat dukungan banyak kepala daerah yakni bupati dan walikota yang punya ‘power’ besar untuk mempengaruhi pemilih di wilayahnya, seperti James Sumendap di Kabupaten Minahasa Tenggara, Roy Roring di Minahasa, Yasti Mokoagouw di Bolmong, Tatong Bara di Kotamobagu dan Evangelian Sasingen di Kabupaten Sitaro.

“Indikator ketujuh, pada 2019 lalu PDI Perjuangan menang Pemilu sehingga mengoleksi banyak kader di DPRD yang otomatis punyai banyak konstituen,” pungkas pakar politik ini.

Diketahui, hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) hingga malam ini dengan total suara masuk hampir 100 persen, ODSK unggul 57,99 persen suara.

Posisi kedua Paslon usungan Golkar dan PAN, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) 33,16 persen, dan urutan terakhir Paslon Nasdem Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR) 8,85 persen suara.

(JerryPalohoon)