Respons Imbauan Gubernur, Taufik Tumbelaka Minta Pejabat jadi Contoh

Manado – Akibat penularan virus Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara mengalami peningkatan tajam maka Gubernur Olly Dondokambey telah mengeluarkan imbauan resmi kepada masyarakat meniadakan sementara tradisi ‘open house’.

Pengamat politik dan pemerintahan yang juga tokoh masyarakat, Taufik Manuel Tumbelaka, memberi apresiasi atas imbauan Gubernur Olly Dondokambey tersebut.

“Sebagai kepala pemerintahan tertinggi di Sulawesi Utara saya menilai imbauan tersebut sudah tepat merespons tingginya angka penularan Covid-19 akhir-akhir ini,” ujar Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di rumah kopi K.8 Sario, Senin (21/12/2020).

Meski demikian, mantan aktivis UGM ini berharap para pejabat bisa memberi contoh baik kepada masyarakat menindaklanjuti imbauan gubernur, melalui tindakan jauh dari pola hidup konsumtif.

“Misalnya, di saat pak gubernur memberi imbauan kemudian banyak pejabat, keluarga pejabat atau ASN ‘shopping’ berbelanja secara berlebihan, bahkan memamerkan kemewahan di media sosial,” tukas dia.

Menyambut Natal dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi Covid-19, Taufik Tumbelaka juga berharap kepada para pejabat memiliki kepekaan kemanusiaan.

Baca Juga:  Ratusan Warga di Gigit Anjing Rabies

“Karena boleh dikata dari sisi penghasilan mereka (ASN/pejabat) kurang terdampak karena masih menerima gaji dan tunjangan seperti biasa. Tentu berbeda dengan karyawan swasta apalagi pekerja non formal. Butuh kepekaan untuk membantu,” jelas Tumbelaka yang dikenal sebagai sosok sosial sering membantu orang lain yang berkekurangan ini.

Diketahui, menekan angka penyebaran Covid-19, Gubernur Olly Dondokambey di hadapan para tokoh agama dalam pertemuan di Kantor Gubernur siang tadi, juga menyarankan agar ibadah Natal dan Tahun Baru bisa dilakukan melalui live streaming.

“Tidak ada open house. Ibadah live streaming semua beribadah Natal dengan keluarga masing-masing,” tutur Gubernur Olly didampingi Wagub Steven Kandouw, sambil berharap imbauan ini dapat dimaklumi masyarakat.

(JerryPalohoon)