Kunjungi Taman Purbakala Sawangan, Wabup Robby Dondokambey Ziarah di Waruga Dotu Dondokambey

AIRMADIDI, MANADONEWS.CO.ID – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si (RD) bersama istri Ny. Martina Dondokambey – Lengkong mengunjungi Taman Purbakala Waruga Sawangan, di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (29/12) pagi tadi.

Tiba di lokasi, RD dan istri yang turut didampingi Ketua Serdadu Adat Minahasa (SAM) Axcel Lorenzo Dondokambey langsung disambut juru kunci Erni dan mengawalinya dengan penjelasan seputar arti dan makna dari rangkaian relief yang memanjang di samping kanan – kiri dinding depan pintu masuk area waruga.

Penjelasan berlanjut saat berada di dalam area Waruga.

Wabup Minahasa Robby Dondokabey dan istri mendengarkan penjelasan dari juru kunci Waruga sawangan ibu Erni. Foto: Manadonews.co.id/Fian

“Di sini terdapat sekitar 143 Waruga yang kesemuanya itu merupakan hasl pemindahan dari Desa Sawangan dan Desa – Desa lainnya dari seluruh Minahasa Raya,” terang Erni.

Wabup RD dan istri tampak sangat serius mendengar setiap penjelasan dari sang juru kunci.

Sesekali, baik RD maupun istri bertanya seputar nama dan tahun dan mendapat penjelasan memuaskan dari juru kunci.

Baca Juga:  Liow Cs Serap AsMara di Tomohon

Berada di lokasi Waruga yang tak lain tempatnya para leluhur tanah Minahasa itu, Wakil Bupati RD bersama istri sekaligus melakukan ziarah di Waruga Dotu Dondokambey.

Wabup RD menunjuk tulisan Dondokambey yang tertera di Waruga

Wabup RD pun mengaku sangat bersyukur bisa melihat serta menyentuh langsung Waruga Dotu Dondokambey yang ternyata memiliki ukuran sangat besar dan masih utuh.

“Jika besar seperti ini, itu tandanya yang empunya Waruga semasa hidup adalah orang yang bertubuh besar,” kata juru kunci.

Dari juru kunci dan Ketua SAM, RD pun bisa tahu kalau Waruga Dotu Dondokambey sudah berusia ratusan tahun.

“Ini sudah melalui uji laboratorium para ahli melalui tulang dan gigi,” tutur Erni.

Foto bersama di sisi luar pintu masuk area Waruga

Sekitar 15 menit Robby Dondokambey dan istri mendengarkan penjelasan tentang Waruga leluhurnya itu.

Kepada wartawan, RD mengatakan sebagai keturunan Minahasa sudah selayaknya mengenal dan mengetahui sejarah para leluhur.

“Karena tanpa mereka, pastilah kita semua tidak ada saat ini. Waruga – Waruga ini menjadi saksi dan bukti historis tentang keberadaan para leluhur kita di masa lalu dengan semua sejarahnya,” ungkap RD.

Baca Juga:  Berikut Fasilitas Umum Sulut yang Disemprot Disinfektan

Ia pun mengaku bangga karena Waruga dari leluhurnya, Dotu Dondokambey, ada dan bentuknya masih utuh.

Foto: manadoews.co.id/Fian

“Tentu saya pribadi sangat bersyukur boleh berziarah dan melihat langsung Warurga dari leluhur saya, juga Waruga para leluhur Minahasa lainnya,” ucapnya.

Ia berpesan kepada seluruh anak generasi tanah Toar Lumimuut untuk selalu ingat dengan leluhur.

“Karena mereka telah mewarisi begitu banyak nilai di masa lalu, bagi kita yang hidup di masa sekarang ini dan tentu terhadap generasi di masa mendatang untuk dihidupi,” katanya.

Sebelum pamitan, RD dan istri foto bersama di sisi dalam dan luar pintu masuk dan mengucapkan terima kasih kepada juru kunci.

RD adalah sosok yang punya atensi besar terhadap sejarah ada dan budaya Minahasa.

Beberapa waktu lalu, Ia pun melakukan kunjungan ke situs Waruga Wanua Ure Lotta yang terletak di Desa Pineleng Dua, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Fian