Kapolres Kotamobagu dan Dandim 1303 BM Pimpin Apel Gabungan Pengamanan Tahun Baru

Manadonews.co.id, Kotamobagu – Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK, bersama Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, memimpin apel pasukan gabungan dalam rangka pengamanan malam tahun baru di wilayah Kota Kotamobagu, Kamis (31/12).

Apel yang digelar di depan rumah dinas Wali Kota Kotamobagu ini, turut dihadiri jajaran perwira serta anggota Polres Kotamobagu, Kodim 1303 Bolmong, Sub Denpom, Brimob Inuai, serta unsur terkait Pemerintah Kota Kotamobagu diantaranya Satpol-PP dan Damkar serta Dinas Perhubungan (Dishub).

Dihadapan ratusan anggota gabungan peserta apel, Kapolres dalam amanatnya menyampaikan beberapa hal yang akan dilaksanakan untuk menciptakan situasi yang kondusif pada saat pelaksanaan pergantian tahun.

“Pada pergantian tahun baru, kalau dulu kita mengamankan kegiatan masyarakat untuk merayakan, tapi seperti diketahui bersama saat ini situasi sedang mengalami musibah yaitu pandemi covid 19, maka kali ini kita dituntut untuk meniadakan dan menekan semua kegiatan ataupun kerumunan yang bisa menyebabkan penyebaran covid 19,” tegas Kapolres.

Ia pun berharap kepada seluruh anggota pengamanan bisa menjadi ujung ombak untuk bersama menciptakan situasi kondusif dan menekan penyebaran covid 19 serta menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.

Dalam kesempatan ini,  Kapolres menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas dukungan dari sejumlah pihak, dalam menciptakan situasi aman dan kondusif terkait dengan pengamanan malam pergantian tahun di tengah situasi pandemi covid-19.

“Selaku Kapolres Kotamobagu dan jajaran mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak. Kita sadar masing masing institusi maupun organisasi tidak bisa berdiri sendiri, sehingga diharapkan perlunya sinergitas serta kerjasama dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, yang turut memberikan arahan, menambahkan, bahwa sebagaimana diketahui bersama akibat pandemi covid 19 terjadi perubahan metode pengamanan. Dimana, yang tadinya   mengamankan kegiatan perayaan malam tahun baru, tapi kali ini meniadakan seluruh bentuk kegiatan dalam menyambut malam tahun baru.

“Olehnya saya tekankan kepada seluruh anggota pengamanan agar memegang teguh aturan dalam menjalankan tugas. Surat edaran wali kota sudah dikeluarkan, disitu sudah jelas tertulis berbagai hal. Mari kita sama-sama menjadikan itu sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas,” ujar Dandim.

Meski demikian, dalam pelaksanaan tugas di lapangan nanti, ia pun menitipkan pesan agar senantiasa mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis.

“Pesan saya kepada rekan-rekan sekalian dalam penegakan aturan, kita mendahulukan langkah humanis dan persuasif. Tentunya ini yang menjadi hal yang terlebih dahulu dikedepankan. Setelah itu, jika ada dinamika yang terjadi saat pengamanan di lapangan seperti ada pihak-pihak ataupun kelompok yang tidak mengikuti aturan berlaku, maka jalan terakhir kita lakukan tindakan tegas,”

“Tetap utamakan faktor keamanan, kemudian tetap kita patuh pada protokol covid 19. Jangan kita himbau ke masyarakat namun kita sendiri tidak menjalankannya,” sambungnya. 

(Yyn)

Baca Juga:  Babinsa Ini Terus Perhatikan Warga Desa Binaannya
Tags: