Pembangunan Infrastruktur di Tengah Pandemi Covid-19 harus Efektif

Manado – Krisis ekonomi 2020 akibat pandemi Covid-19 berdampak pada pembangunan fasilitas publik.

Pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Manuel Tumbelaka, mengingatkan kepada pemerintah agar memaksimalkan penggunaan anggaran untuk pembangunan infrastruktur.

“Memaksimalkan dalam arti pembangunan harus tepat sasaran. Misalnya, pembangunan infrastruktur jalan dan drainase, melakukan pemetaan jalan di daerah mana yang mendesak diperbaiki. Jangan sampai ruas sudah rusak parah diabaikan, sementara jalan masih bagus hanya rusak sedikit diperbaiki total hanya karena janji Pilkada,” tukas Taufik Tumbelaka kepada wartawan Manadonews.co.id di Manado, Sabtu (2/1/2021).

Taufik Tumbelaka menambahkan, pembangunan infrastruktur berdasarkan asas manfaat bukan berorientasi proyek.

“Sehingga kualitas pengerjaan harus diutamakan, jangan proyek asal jadi! Pengawas internal seperti inspektorat harus pro aktif dan bekerja benar,” ujar Tumbelaka.

Mantan aktivis UGM ini sekali lagi mengingatkan pemerintah melalui instansi teknis terkait memanfaatkan anggaran pembangunan dengan baik.

“Karena anggaran harus dibagi untuk bantuan sosial masyarakat yang mengalami kesulitan hidup di tengah pandemi Corona, sehingga pembangunan infrastruktur harus efektif,” pungkas Tumbelaka.

Baca Juga:  Ini Ketentuan Pembuatan Los Menggunakan Bahu dan Badan Jalan

(JerryPalohoon)