Jadwal Pemeriksaan BPK, Bupati ROR Tegaskan Semua Kepala OPD Kooperatif

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Bupati Minahasa, Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR) menegaskan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Minahasa kooperatif dengan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Hal tersebut disampaikan Bupati Royke Roring dalam Entry Meeting dengan BPK-RI Perwakilan Sulut lewat zoom meeting.

“Kita sudah mendengar apa saja data yang sangat dibutuhkan tim dan itu harus disiapkan mulai dari Sekda, Asisten, kepala OPD hingga sekolah dan Puskesmas siapkan data agar tidak menghambat tugas pemeriksa,” kata bupati yang mengikuti entry meeting secara virtual itu dari kawasan pesisir timur pantai Minahasa.

Dalam entry meeting yang dipimpin Wakil Penanggung Jawab, Aris Asmono dan Ketua Tim, Sendy Bayu Aji, Sekda Kabupaten Minahasa, Frits Muntu, S.Sos atas nama Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan selamat datang kepada tim dengan harapan kerjasama yang baik yang sudah terjalin selama ini boleh dilanjutkan untuk menunjang tugas-tugas pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemkab Minahasa Tahun 2020 maupun tahun sebelumnya seperti yang dimintakan tim.

Baca Juga:  Ajang Garuda Travel Fair 2018 di Manado Semarak

Aris Asmono selaku Wakil Penanggung Jawab menjelaskan pemeriksaan dilakukan sejak 20 Januari-28 Februari 2021.

“Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memantau tindak lanjut pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya terutama temuan yang mempengaruhi opini,” tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk menilai efektivitas SPI dalam penyusunan laporan keuangan dan melakukan pengujian substantif terbatas pada transaksi untuk menilai kewajaran saldo dan kepatuhan pada peraturan perundangan.

“Sesudah pemeriksaan, rencananya penyerahan LKPD laporan Un audited akan dilakukan pada 5 Maret 2021,” terang Aris dalam zoom

Meeting diikuti juga oleh Asisten III Sekdakab Dr. Vicky Tanor,SPi Inspektur, Ir. Alva Montong dan para kepala OPD.

Yunita Rotikan