Kodim 1302/Minahasa Ikut Rakor Penyelamatan dan Pengelolaan Danau Tondano

MINAHASA, Manadonews.co.id – Komandan Koramil 1302-01/Tondano Kapten Inf Donny Lumenta mewakili Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Andi Sinaga turut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Penyelamatan Pengelolaan Danau Tondano dan Infrastruktur Penunjang, Kamis (21/1/2021) di aula Benteng Moraya Kelurahan Roong, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa.

Dalam pelaksanaan Rakor tersebut turut hadir Bupati Minahasa Royke Roring, Kolonel Czi Corneles Rompas, Kasiminada Mayor Czi Bhakti, Kepala Balai Wilayah Sungai Provinsi Sulut Bastari M, Danramil 1302/01 Tondano Kapten Inf Donny Lumenta mewakili Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Andi Sinaga, para Kepala Dinas (Kadis) dan Kepala Bidang (Kabid) se Kabupaten Minahasa dan Babinsa Kelurahan Roong Serka Alfianus Tindas.

Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Rakor tersebut antara lain mengajak seluruh komponen menjaga dan melestarikan  yang dimulai dari diri sendiri.

“Jika tidak dari sekarang di mulai melestarikan dan menjaga saat ini, maka  Danau Tondano mungkin 30 tahun kedepan kondisi danau sudah berbeda dengan kondisi saat ini.”kata Bupati Roring.

Baca Juga:  Warga Keluhkan Jatuhnya Harga Kopra

Pada kesempatan tersebut Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang yang diwakili Kazidam XIII/Merdeka Kolonel Czi Corneles Rompas juga menghimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan potensi wilayah di antaranya dengan Menjaga, Merawat, dan melestarikan Danau Tondano.

“Saya berharap tentang pengangkatan eceng gondok yang ada di danau Tondano, perlu adanya koordinasi dengan elemen yang terkait sehingga kita bisa lebih optimal dan hasilnya lebih maksimal.”ungkap Rompas.

Sementara itu Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Andi Sinaga melalui Danramil 1302-01/Tondano Kapten Inf Donny Lumenta kepada Manadonews.co.id menyampaikan pihaknya terus mendorong dan mendukung penuh program dan upaya pemerintah Kabupaten Minahasa dalam menjaga dan melestarikan termasuk mengatasi permasalah eceng Gondok.

“Lokasi Danau Tondano adalah salah satu potensi dan destinasi Pariwisata Sulut khususnya Minahasa yang harus dijaga kebersihan dan kelangsungan kelestarian alamnya “tandas Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf.Andi Sinaga.(Regina.TS)