Penyebab Utama Sampah Menumpuk di Kota Manado, Pemerintah Baru Nanti harus Lakukan Ini

  • Whatsapp

Manado – Pengelolaan di tempat pembuangan akhir (TPA) Sumompo yang kurang maksimal jadi penyebab utama timbunan sampah di banyak tempat dalam Kota Manado.

Terpantau wartawan Manadonews.co.id, Kamis (21/1/2021) siang, hanya satu alat berat ekskavator yang digunakan mengaduk sampah berakibat antrian panjang puluhan truk pengangkut sampah.

“Kondisi seperti ini sudah bertahun-tahun. Pemerintah kota hanya punya satu ekskavator, kadang-kadang tambah pinjam unit. Bayangkan kalau alat ini mengalami kerusakan. Makanya, antrian panjang terjadi setiap hari,” ujar Alex, salah-satu sopir truk sampah.

Truk-truk yang lama menurunkan sampah, tambah dia, berakibat banyak timbunan sampah di Kota Manado.

“Karena waktu kami habis di sini menunggu antrian. Jumlah armada cukup banyak tapi kami tidak bisa menjemput mengangkut kalau di TPA belum diturunkan,” tukasnya.

Sementara itu, pemerhati kota Ventje Bilusajang, mengingatkan pemerintah yang baru nanti dapat memperhatikan masalah kebersihan kota.

“Jangka pendek alat berat ekskavator perlu ditambah, jangka panjang TPA regional Iloilo harus secepatnya diselesaikan untuk digunakan,” jelas Bilusajang.

Baca Juga:  Majelis Rakyat Papua Pelajari Kerukunan Umat Beragama di Sulut

(JerryPalohoon)

Pos terkait