SAS Buka Kegiatan Pembinaan Penatausahaan Keuangan Daerah Tahun 2021

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA diwakili oleh Wakil Wali Kkota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membuka kegiatan Pembinaan Penatausahaan Keuangan Daerah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2021, Selasa (26/1) di hotel Mercure Tateli, Mandolang.

Wa;i Kota dalam sambutan yang dibawakan oleh SAS mengatakan Pengelolaan keuangan daerah merupakan salah satu unsur penting dalam dalam penyelengaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang harus di kelola dengan baik dan benar.

“Oleh karena itu perlu peningkatan transparansi dan akuntabilitas di bidang pengelolaan keuangan dan pertanggungjawabannya, yaitu setiap pejabat pengelola keuangan masing-masing SKPD diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang semakin efektif dan efisien, guna menjamin pencapaian tujuan organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola, ketaatan pada ketentuan yang berlaku, serta dipeliharanya data/informasi keuangan yang andal,” urai SAS.

Selain itu diperlukan kesamaan persepsi, langkah, tindakan secara integral dan menyeluruh dari unsur-unsur yang terkait dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Kegiatan Pembinaan Penatausahaan Keuangan Daerah Kota Tomohon ini dilaksanakan dengan harapan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah ke depan makin terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (clean government and good) karena pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, yaitu dengan mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam menghasilkan pertanggungjawaban keuangan yang disusun secara akurat,” paparnya.

Baca Juga:  Pemkot Tomohon gelar apel hari lahir pancasila.

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai salah satu entitas pelaporan keuangan daerah yang merupakan bagian dari entitas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), sangat mempengaruhi pemberian opini BPK RI terhadap kecukupan pengungkapan.

“Sehingga dengan ketaatan kita terhadap pengelolaan keuangan sesuai ketentuan, diharapkan mampu mempertahankan opini WTP. Dengan diselenggarakan kegiatan ini, maka diharapkan saudara-saudara dapat memanfaatkan kesempatan yang baik sehingga mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesional aparatur pengelolaan keuangan daerah dalam menjalankan peran dan fungsinya, sehingga kinerja pengelolaan dan penatausahaan keuangan senantiasa konsisten, dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik sesuai ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi yang mengatakan tujuan Kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman mekanisme penatausahaan keuangan daerah dan penginputan tagihan pada aplikasi SIPD,sasaran kegiatan ini yaitu pejabat pengelola keuangan SKPD (pegawai BPKPD, PPK SKPD dan Bendahara pengeluaran SKPD).

Yunita Rotikan