Sigap Bencana, Pemkot Manado Kerja Bakti Massal

  • Whatsapp

Manado – Masuk sebagai daerah rawan bencana, banjir dan tanah longsor sering melanda Kota Manado.

Pemerintah kota (Pemkot) selalu sigap mengantisipasi bencana yang siapapun pasti tidak tahu kapan akan terjadi.

Seperti halnya bencana banjir dan tanah longsor yang dua kali menerjang Kota Manado dalam waktu berdekatan, Pemkot yang dipimpin Walikota DR. Ir. Godbless Sofcar Vicky Lumentut, SH, MSi, menurunkan Aparatur Sipil Negara (ASN) turun lapangan kerja bakti massal, Jumat (5/2/2021).

ASN dari seluruh perangkat daerah disebar di semua kawasan 10 kecamatan yang terdampak banjir dan tanah longsor.

Vicky Lumentut mengatakan, kerja bakti massal untuk mengangkat tumpukan sampah pasca banjir dan longsor yang masih tersisa.

“Kami lakukan ini dengan bantuan armada (truk sampah) dari Pemerintah Provinsi Sulut (Sulawesi Utara), juga ada bantuan excavator yang difungsikan di TPA,” jelas Vicky Lumentut di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, pagi tadi.

Di kesempatan tersebut, Walikota Manado dua periode ini mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa yang ikut membantu pada penanganan sampah dan material sisa banjir.

Baca Juga:  Separator Jalan Kota Manado Kembali Makan Korban

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Pak Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Pak Roy Roring yang bersedia sementara ini TPA Kulo Tondano digunakan untuk sampah dari Manado,” terang Lumentut yang didampingi Sekkot Micler Lakat.

Walikota Vicky Lumentut juga meminta masyarakat agar ikut membantu pemerintah dalam usaha menyelesaikan masalah sampah di Kota Manado.

“Karena TPA (Sumompo) kita sudah terbatas. Warga saya minta agar dapat memilah sampah, pisahkan sampah plastik dan sampah yang bisa diselesaikan di rumah menggunakan komposer. Selain itu, warga juga mengikuti jam membuang sampah karena truk sampah juga punya rotasi waktu,” pungkas Walikota.

(Advertorial/LipsusPemkotManado)

Pos terkait