Di Ratatotok, Oknum TNI Gadungan Dibekuk Personil Koramil 1302-12/Belang

  • Whatsapp

RATATOTOK, MANADONEWS.CO.ID – Sersan Kepala (Serka) Hamsah, anggota Koramil 1302-12/Belang memimpin penangkapan salah satu oknum TNI gadungan yang tinggal di rumah Kost Desa Ratatotok Tenggara, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa 23/02.2021 pukul 23.00 wita.

Informasi mengenai adanya salah satu warga yang mengaku dirinya sebagai Anggota TNI itu diperoleh dari laporan warga kepada Babinsa yang bernama Prada Risman,

TNI gadungan ini mengaku berasal dari Satuan Batalyon Armed 19/105 Tarik Bogani Lolak,

Guna memastikan kebenaran informasi itu Prada Risman mendatangi rumah kost oknum bersangkutan.

Tiba di rumah kost, Prada Risman langsung menemui tersangka dan langsung diadakan Iterogasi, namun disaat tersangka diminta untuk menunjukkan identitas berupa Kartu Anggota, tersangka tidak dapat menunjukkannya.

Tersangka meminta ijin untuk buang Air kecil di WC dan pada kesempatan itulah langsung kabur melalui pintu belakang meninggalkan anak dan Isterinya di rumah Kost tersebut.

Langkah selanjutnya Prada Risman melaporkan kejadian tersebut kepada Plh Danramil 12/Belang Pelda Johny Runtuwene, bahwa di Desa Ratatotok Tenggara terdapat seorang warga Masyarakat yang mengaku Anggota TNI.

Baca Juga:  Peringatan Jems Tuuk kepada Pembakar Bendera: "PDI Perjuangan Lahir dan Besar dari Darah dan Nyawa!"

Usai menerima laporang tersebut, Plh Danramil memerintahkan 4 Anggota di bawah pimpinan Serka Hamsah agar segera menyusun strategi untuk melakukan penangkapan terhadap TNI gadungan trsebut.

Pada pukul 17.10 wita Babinsa koramil 12/Belang berjumlah 4 orang Dpp Serka Hamza tiba di rumah kost pelaku sudah tidak ada dikostnya.

Kemudian Pada pukul 23.00 Wita pelaku kembali ke kost tersebut untuk menengok anak isterinya, namun pada saat itu pula, Serka Hamsah bersama 4 Anggota lainnya langsung melakukan penangkapan tanpa perlawanan sedikitpun dari tersangka.

Tersangka berikut barang bukti diamankan dan di bawa ke Polsek Ratatotok untuk diproses lebih lanjut.

Sesuai hasil pemeriksaan sementara tersangka menggunakan Atribut TNI tujuannya agar lolos dari pemeriksaan diperjalanan dari Lolak menuju Ratatotok untuk keperluan menambang Emas,

Identitas pelaku yaitu, Nama Dandi Masing ( 20 ) pekerjaan penambang, alamat Desa Batu Rapa’, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun barang bukti yang dapat diamankan dari tangan pelaku adalah, Satu pucuk Senjata Air Sopgun, Pakaian Loreng lengkap, cepatu Lars, Kaos Kaki dinas TNI, satu buah Helm Dinas, yang kesemuanya didapatkan secara ilegal.

Baca Juga:  Sekot hadiri serah terima BPMS GMIM

*/Yunita Rotikan

Pos terkait