Kapolda Sulut dan Danrem 131/Santiago Pantau Situasi Kamtibmas di Talaud

  • Whatsapp

MANADO,Manadonews.co.id-Untuk memastikan situasi kamtibmas di Kabupaten Talaud Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol R.Z. Panca Putra dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong melakukan kunjungan kerja Kamis (25/02/2021) pagi.

Kunjungan menggunakan helikopter Baharkam Polri ini turut didampingi oleh Karoops Polda Sulut Kombes Pol Desman Tarigan dan Kombes Pol Edward Indharmawan Eka Chandra. Kapolda dan rombongan tiba di Bandara Melonguane sekitar pukul 09.26 WITA. Disambut oleh Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga bersama Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan, Dandim 1312/Talaud Letkol (Czi) Irwan Guptarochman, dan Forkopimda setempat.

Bacaan Lainnya

Usai beristirahat sejenak di ruang VIP Bandara Melonguane, Kapolda dan rombongan bertolak menuju Pulau Miangas, ujung utara perbatasan NKRI yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Tiba di Bandara Miangas sekitar pukul 11.20 WITA, rombongan disambut oleh Kapolsek Miangas Ipda Handri Makatuuk, Danramil 1312-07/Miangas Kapten (Inf) Markus Tilaar bersama para pejabat TNI dan pejabat sipil lainnya. Di Miangas, Kapolda dan rombongan menyambangi sejumlah lokasi. Antara lain Mako Satgas TNI AD, Tugu 0 kilometer, Mako Pos AL, Tanjung Miangas, Koramil 1312-07/Miangas, serta Mako Polsek Miangas. Di Mako tersebut, Kapolda dan Danrem bersilaturahmi dengan para personel yang bertugas, sekaligus memberikan semangat dan motivasi. Usai mengunjungi Pulau Miangas, Kapolda dan rombongan kembali ke Melonguane, ibu kota Kabupaten Kepulauan Talaud. Tak lama setelah tiba di Bandara Melonguane, rombongan menuju Polres Kepulauan Talaud. Dan rangkaian kunjungan di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud ini diakhiri dengan mengunjungi Kodim 1312/Talaud. Irjen Pol R.Z. Panca Putra mengatakan, kunjungan ini dalam rangka melihat langsung situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca Juga:  Pencucian Pataka Maesa’an Waya, Pemuliaan Nilai-nilai Luhur Tribrata

 “Terutama di wilayah perbatasan, yaitu Miangas. Kita melihat apa masalah-masalah yang ada di sana, kita akan memperbaiki kekurangan yang ada. Dan kalau yang sudah baik, akan kita tingkatkan,” ujar Irjen Pol R.Z. Panca Putra.

Lanjutnya, kunjungan ini juga untuk memastikan bahwa aktivitas masyarakat berjalan dengan baik, khususnya di masa pandemi Covid-19. Irjen Pol R.Z. Panca Putra mengajak pihak TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. “Saya imbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,” ajak Irjen Pol R.Z. Panca Putra.

Terkait hasil pantauan dalam kunjungan ini, menurut Irjen Pol R.Z. Panca Putra secara umum kehidupan masyarakat di Talaud berjalan dengan baik.

“Termasuk sinergitas dan kerjasama antara TNI-Polri, pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terkait lainnya, sangat baik. Hal ini harus terus dijaga bahkan ditingkatkan demi mendukung pelaksanaan program-program pemerintah,” pungkas Irjen Pol R.Z. Panca Putra. Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga, mengapresiasi kunjungan Kapolda Sulut dan Danrem 131/Santiago ini.

Baca Juga:  Kapolda Nana Sudjana: Pengucapan Syukur Wajib Patuhi Prokes

“Terima kasih atas kunjungan Pak Kapolda dan Pak Danrem, kami bangga sekali. Walaupun singkat semoga kunjungan ini membawa berkat dan kenangan. Terutama untuk Pak Kapolda, yang kita ketahui beliau akan berpindah tugas di tempat tugas yang baru. Doa kami menyertai Pak Kapolda, semoga sukses selalu,” pungkasnya.

(Ben)

Pos terkait