Jumat, Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia yang sudah Terdaftar

Manado – Program vaksinasi Covid-19 khusus lansia sudah masuk tahap 2. Di tahap ini, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia dan petugas pelayanan publik yang di laksanakan Jumat (5/3/2021), ditinjau langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Vaksinasi untuk lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, dengan prioritas awal di Jawa dan Bali.

Seperti yang dikutip dari laman Covid19.go.id, saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi. Di Jawa dan Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini.

Vaksinasi ini akan diutamakan bagi kelompok lansia yang berusia di atas 60 tahun. Pada prinsipnya, semua lansia akan divaksinasi tapi untuk tahap pertama karena vaksinnya terbatas hanya untuk yang terdaftar di Dinas Kesehatan dan Instansi serupa.

Di Sulut, vaksinasi bagi lansia akan dilangsungkan pada Jumat 5 Januari 2021. Namun, yang akan dilayani hanya lansia yang sudah terdaftar.

“Jadi mereka yang akan dilayani hanya yang terdaftar di dinas kesehatan, mereka (Dinas Kesehatan) sudah punya data nama-nama lansia yang akan divaksin,” kata Direktur SDM Pendidikan dan Umum RSUP Prof Dr R.D Kandou Manado, Dr. dr. Ivone Rotty, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga:  Kapolda Sulut Minta Masyarakat Penyelam Tak Merusak Karang

Dokter Ivone menjelaskan, isu yang beredar bahwa akan ada vaksinasi lansia umum hanya dengan membawa KTP tidaklah benar.

“Jadi tahap awalnya hanya yang terdaftar dulu. Tidak ada perintah untuk datang membawa KTP lalu dilayani. Semua akan dilayani, namun prioritas hanya yang terdaftar dulu,” pungkas Direktur SDM.

(***/Benyamin)