Penyuluhan Hari Ginjal se Dunia di RSUP Kandou: Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Begini

Manado – Memperingati Hari Ginjal se Dunia atau World Kidney Day yang jatuh pada 11 Maret 2021, Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. dr. R.D Kandou Manado di bawah pimpinan dr. Sekplin Sekeon, MPH, Sp.S, bekerja sama dengan Divisi Ginjal dan Hipertensi Bagian/KSM Ilmu Penyakit Dalam RSUP Prof dr. R. D. Kandou, melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang kesehatan ginjal kepada pasien dan keluarga pasien yang berada di ruang tunggu poliklinik bedah.

Di 2021 ini, Hari Ginjal se Dunia mengangkat tema “Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal”, dr. Cerelia Sugeng, Sp.PD, selalu pemateri mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan ginjal melalui pemilihan makanan yang tepat, tidak mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan dan berolahraga secara teratur.

Pasien dan keluarga pasien yang ikut dalam penyuluhan tersebut sangat antusias dengan bertanya jawab langsung dengan dr. Cerilia Sugeng, Sp.PD, seputar penyakit ginjal usai penyampaian materi tentang Gagal Ginjal Kronik.

Diketahui, rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ginjal se Dunia ini dilaksanakan di sepanjang Maret 2021 dimulai dengan kegiatan penyuluhan tersebut, dan akan dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi di ruang hemodialisa, berupa talk show dan webinar.

Baca Juga:  Rutin Monitoring Pelayanan, Dirut RSUP Kandou Telusur Ruang ICU

Selain itu juga Kepala Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou Manado, dr. Sekplin, MPH, Sp.S, memperkenalkan Aplikasi telmek (Telemedicine Kandou) yang merupakan salah satu sarana tehnologi untuk mempermudah pasien mendapatkan pelayanan kesehatan dari jarak jauh berupa konsultasi antara pasien dengan dokter melalui video call.

Sebagai bentuk apresiasi dari instalasi promosi kesehatan rumah sakit dan juga Bagian Ilmu Divisi Ginjal dan Hipertensi Bagian/KSM Ilmu Penyakit Dalam, kami memberikan ucapan terima kasih dalam bentuk gimik berupa masker dan juga face shield kepada peserta penyuluhan khususnya bagi yang telah bertanya jawab langsung dengan dokter yang membawakan materi.

(Benyamin)