Ungkap Nilai Tukar Petani Sulut Meningkat, Rita Dondokambey Mengaku Bangga jadi Alumni Faperta Unsrat‎

Manado – Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ‎yang juga istri tercinta dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, mengikuti pembukaan Dies Natalis Faperta Unsrat ke 61 secara virtual, Rabu (31/3/2021).

Dies natalis Faperta Unsrat ke 61 mengangkat tema “Berkolaborasi Meningkatkan Relevansi”.

Rita mengaku bangga menjadi alumni Faperta Unsrat. Dirinya mengapresiasi keberhasilan Faperta mencetak SDM hebat di Sulut dan Indonesia.

“Banyak pejabat, birokrat, ilmuwan, teknologi wirausaha, direktur, petani sukses, pemerhati masyarakat dan lingkungan, bahkan di banyak bidang lainnya termasuk jajaran legislatif. Semua itu membanggakan saya dan bersyukur bisa menjadi bagian alumni Fakultas Pertanian Unsrat yang saya cintai,” ujar Rita Dondokambey.

“Sebagai daerah provinsi paling utara dari NKRI tentunya bangga dengan adanya Fakultas Pertanian Unsrat sebagai institusi pendidikan tinggi di bidang pertanian yang mendidik anak-anak bangsa menjadi orang-orang hebat dan bangga bagi nusa dan bangsa,” tambah Rita.

“Banyak harapan di pundak Faperta Unsrat di tengah pandemi Covid-19,” tandas dia.

Baca Juga:  Bupati Tetty Optimis Minsel Kembali Raih WTP

Diketahui, pembangunan pertanian di Sulut berdasarkan data statistik menunjukkan nilai tukar petani di bulan November 2020 sudah melebihi angka 100 dan Desember 2020 telah mencapai angka 102/11.

Menurutnya, 2021 ini dan tahun-tahun mendatang menjadi tantangan untuk semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan petani dan nasional.

“Mari kita terus maju dengan semangat yang kuat dan tema Dies Natalis Fakultas Pertanian ke 61 tahun 2021 ini adalah berkolaborasi meningkatkan relevansi ada harapan di sini agar Fakultas Pertanian dalam peningkatan Tri Dharma perguruan tinggi di bidang pendidikan penelitian dan pengabdian semakin meningkatkan kolaborasi untuk meningkatkan produk penelitian yang semakin inovatif,” kata Rita.

Ketua IKA Faperta Unsrat mengajak semua pihak berkolaborasi untuk saling mendukung di berbagai bidang terutama di dalam pembangunan pertanian di Sulut.

“Bagi yang tinggal di Sulawesi Utara dan di daerah di mana kita semua berada akademisi pengusaha pelaku usaha mari kita bahu-membahu berkolaborasi untuk semakin meningkatkan relevansi Fakultas Pertanian Unsrat yang kita cintai semakin meningkatkan manfaat dan potensi yang dibutuhkan oleh masyarakat di daerah di mana kita ada di Sulawesi Utara dan Indonesia yang kita cintai,” ujar dia.‎

Baca Juga:  Pembangunan MABM Jadi Fokus Utama Pemkot Kotamobagu

Sementara itu, Rektor Unsrat, Ellen Kumaat, dalam sambutannya menekankan pentingnya Faperta Unsrat semakin meningkatkan Akreditasi 8 Prodi. Tahun ini sudah 1 Prodi terakreditasi A, yaitu Prodi Teknik Pertanian. Ellen berharap akan semakin banyak yang terakreditasi A.

“Faperta Unsrat dapat bergerak cepat dengan kerjasama civitas akademika dengan nilai-nilai luhur Sam Ratulangi, si tou timou tumou tou. Manusia hidup untuk menghidupkan orang lain,” terang Kumaat.

Adapun pembukaan dies natalis turut dihadiri Dekan Faperta Unsrat Robert Molenaar dan pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ferdinandranti)‎