Wali Kota Tomohon dan Wawali Ikut Ibadah Paskah Tahun 2021

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut, SE beribadah Paskah, Minggu (4/4.)

Didampingi Ketua TP PKK Kota Tomohon Ny drg Jean D’arc Senduk-Karundeng, Wali Kota dan keluarga beribadah di GMIM Kakaskasen Pniel dengan Khadim Ketua Jemaat Kakaskasen Pniel sekaligus Ketua Wilayah Kakaskasen Pdt Royke Kaunang MTh.

Sementara Wakil Walikota Tomohon bersama keluarga mengikuti perayaan Ekaristi Hari Raya Paskah di Gereja Katolik Trinitas Paslaten Tomohon Paroki Hati Kudus Yesus Tomohon yang dipimpin oleh Pastor Jerry Torebelas, Pr.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kota Tomohon dan atas nama pribadi dan keluarga serta Wakil Wali Kota Wenny Lumentut  dan keluarga, mengucapkan Selamat Merayakan Paskah tahun 2021 kepada segenap umat Kristiani di Kota Tomohon. Kristus sudah bangkit, Haleluya.

“Melalui penghayatan dalam Ibadah Perayaan Paskah diharapkan dapat memberi arti yang sangat mendalam bagi kita semua dalam mengaktualisasikan arti kebangkitan Yesus Kristus. Saatnya kita merenungkan kasih dan kuasa ALLAH bagi manusia yang telah ditebus dan diselamatkan dari dosa melalui pengorbanan Yesus Kristus di kayu Salib,” ujar Wali Kota Caroll Senduk.

Baca Juga:  Soal Polemik Pin Emas, 'Sindirian' Artly Kountur Dibalas Royke Pelleng

Kematian Kristus di Bukit Golgta dan kebangkitanNYA, kata Wali Kota, membuktikan kuasa Allah telah menang atas maut.

Wawali Wenny Lumentut sedang mengikuti jalnnya perayaan Ekaristi dalam rangka Paskah

“Sehingga melalui kemenangan iman ini akan semakin mengokohkan semangat dan optimisme dari seluruh jemaat dan masyarakat dalam menghadapi dinamika kehidupan ini,” ujarnya.

Senduk mengajak jemaat dan umat serta masyarakat sekalian untuk tetap memperkokoh nilai-nilai kebangsaan yang tercantum dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di tengah tantangan nyata era digital atau era revolusi industri 4.0.

“Tentu dengan mengedepankan totalitas dalam aksi agar selalu tercipta kehidupan harmonis,” tukasnya.

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, diharapkan jugadapat bertindak bijaksana.

“Di antaranya bijak dalam menggunakan media sosial dan mengedepankan sikap toleransi hidup beragama serta bermasyarakat,” ucapnya.

Seluruh elemen Kota Tomohon, lanjut Wali Kota, harus berperan aktif dan bersama-sama dalam menjaga lingkungan masing – masing agar tetap aman dari gangguan KAMTIBMAS maupun dari bencana alam.

“Untuk itu kelestarian alam dan lingkungan kita jaga dan pelihara serta keamanan dan suasana kondusif kita jamin bersama,” katanya.

Pada bagian lain, dalam meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 ini, ia mengimbau agar jemaat dan masyarakat memanfaatkan setiap jengkal lahan dan pekarangan rumah untuk tanaman produktif seperti ubi, jagung, pisang dan bumbu-bumbu dapur untuk kebutuhan pangan keluarga.

Baca Juga:  JWS Promosikan Musik Kolintang di Serbia

“Berpaling Kepada Sang Hidup, menjadi tema perayaan Paskah tahun 2021. Ketika kita melangkah dengan iman yang kokoh,maka apapun yang menjadi tantangan dan pergumulan dapat kita lewati bersama,” tandasnya.

Kepada jemaat dan umat, bersama seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon yang telah bersama-sama mendukung program pembangunan melalui sinergitas sehingga Tomohon semakin maju dan hebat., Wali Kota mengucapkan banyak terima kasih.

Ia kembali memaparkan visi Pemerintah Kota Tomohon “Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera” yang nantinya akan di implementasikan lewat misi: 1. Menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius. 2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. 3. Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia. 4 memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan 5. Mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan beritegritas.

“Di tengah perayaan paskah yang masih dalam pergumulan menghadapi dampak Covid-19, sang pemberi kehidupan meneguhkan kita melalui distribusi dan pelaksanaan vaksin yang dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

“Tahun ini kita sudah mendapatkan suntikan vaksin dan sebagian masih menantikan giliran untuk vaksinasi. Hal ini untuk mencapai kekebalan kelompok sehingga kita terhindar dari Covid-19. Vaksin ini menjadi satu dari banyak simbol pengharapan, yang harus kita pandang sebagai rahmat Allah. Karena itu kita harus optimis dan terus memperhatikan protokol kesehatan 5 M yaitu Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Memakai Masker, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas, serta tetap waspada dengan terus mengunci tangan untuk selalu berdoa dan senantiasa menggerakkan tubuh kita untuk bekerja bagi kemulian Tuhan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Curah Hujan Tinggi, Pemkab Minsel Himbau Warga Waspada Bencana

Wakil Walikota Tomohon menambahkan dengan tegas mengecam segala tindakan dan bentuk perjudian di Kota Tomohon, sangat tidak layak sebagai kota yang di kenal kota religius dan kota pendidikan masih ada saja kegiatan-kegiatan perjudian di Kota Tomohon.

“Saya minta semua stakeholder di semua lapisan menindak tegas semua pelaku perjudian, serta membentuk pandangan masyarakat akan kerugian dari perjudian,” tukasnya.

Ibadah di Jemaat GMIM Pniel dihadiri para pendeta jemaat, Pelsus dan jemaat Kolom 1-32, serta jajaran pemerintah Kota Tomohon.

Selesai ibadah Paskah Pemerintah Kota Tomohon dilanjutkan dengan makan siang di Kediaman Walikota Tomohon.

Sementara ibadah di Gereja Katolik dihadiri Anggota DPRD Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang, S.Sos, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Yunita Rotikan