Mau Mengadu atau tidak Puas Pelayanan Polisi? Silakan Unduh Aplikasi Ini

  • Whatsapp

Manado – Polri kini memiliki aplikasi inovatif di bidang pengaduan, dengan nama Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan).

Kabid Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut), Kombes. Pol. Jules Abraham Abast, mengatakan, Aplikasi Dumas Presisi tersebut dilaunching oleh Kapolri pada 24 Februari 2021 lalu. Dumas Presisi diciptakan untuk mewujudkan bentuk transparansi dan handling complain bagi masyarakat luas.

Bacaan Lainnya

“Aplikasi tersebut dapat diunduh di Play Store, masyarakat bisa langsung mengunduhnya di handphone masing-masing. Atau bisa juga melalui website dengan alamat dumaspresisi.polri.go.id,” jelas Jules Abraham Abast melalui pesan tertulis kepada wartawan, Senin (5/4/2021)

Dumas Presisi, lanjutnya, memudahkan masyarakat untuk melaporkan terkait kinerja Polri, termasuk di Polda Sulut dan jajaran.

“Jadi kalau ada ketidakpuasan terhadap layanan Polri, termasuk di Polda Sulut dan jajaran, bisa diadukan atau disampaikan melalui aplikasi ini,” tandas Abast.

Baca Juga:  Situasi Kantibmas di Sulut Tetap Kondusif

Ditambahkannya, pengaduan masyarakat ini merupakan pengaduan secara terpadu oleh beberapa Satuan Kerja (Satker) yaitu Itwasda, Propam, Reskrim, Humas, dan TIK secara online.

“Selain itu masyarakat juga bisa melaporkan secara langsung dengan datang ke kantor polisi terdekat dan akan dibantu oleh petugas untuk menginput laporan pengaduannya pada aplikasi yang sudah tersedia,” kata Abraham Abast.

Setiap laporan yang masuk dari masyarakat, sambung Abraham Abast, akan tetap dilakukan klarifikasi terlebih dahulu terhadap laporan tersebut.

Selanjutnya masyarakat dapat melihat hasil perkembangan pengaduannya dalam aplikasi tersebut sehingga tidak perlu datang ke kantor polisi untuk menayakan perkembangan pengaduannya yang sedang diproses. Dengan adanya aplikasi Dumas Presisi ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang akan menyampaikan aduan.

“Kami mengimbau masyarakat yang membuat pengaduan melalui Dumas Presisi agar benar-benar bertanggungjawab, dan bukan sekedar laporan palsu atau iseng-iseng. Silahkan manfaatkan aplikasi ini secara positif, demi peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat,” pungkas Abraham Abast.

(Ben)

Pos terkait